Gelar Talkshow, Media Inside Hindu Angkat Tema “Hindu Millenials Speak Up!”

banner post atas

Sinar5news.com- Media Inside Hindu menggelar Talkshow dengan tema Hindu Millenials Speak Up!, Minggu 7 Februari 2021. Kegiatan tersebut digelar di Aula IAHN Gde Pudja Mataram dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya Penasehat Media Inside Hindu menaruh harapan besar terhadap Media Inside Hindu.

“Besar harapan kami agar media ini dapat menjangkau seluruh generasi muda Hindu yang haus akan konten-konten menarik seputar ajaran Agama Hindu. Tentunya yang dikemas dengan gaya milennial tanpa menghilangkan esensi dari sumbernya (Veda)”, harapnya.

Iklan

Sementara itu PHDI Kota Mataram yang diwakili oleh I Ketut Purwata, SH.,MH. menyampaikan apresiasi terhadap keberadaan media inside hindu.

“PHDI Kota Mataram siap bekerjasama untuk membantu media ini dalam memajukan umat Hindu di kota Mataram khususnya, Provinsi NTB pada umumnya”, ucap Ketut Purwata.

Pada kesempatan itu juga Plt. Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Ibu Dewi Rahayu Aryaningsih, S.Ag., M.Ag menyampaikan bahwa media Inside Hindu merupakan media yang kehadirannya di nanti-nantikan oleh masyarakat.

“Harapannya media ini mampu memberikan berbagai informasi, ide-ide, dan berbagai hal yang dapat menginspirasi umat Hindu di Kota Mataram khususnya. Media ini tidak hanya menjadi media yang dapat menginspirasi umat Hindu di Provinsi NTB saja, tetapi juga merambah hingga Nasional”, jelas Dewi.

Hadir sebagai Narasumber Ir. I Wayan Karioka, M.H. dalam pemaparannya ia menekankan bahwa generasi muda harus berani mengambil sikap dan aksi nyata.

“Menjadi generasi muda itu harus berani “take an action”, yang berarti bahwa aksi nyata merupakan nilai yang paling besar diantara sikap-sikap lainnya. Setiap kegiatan tentunya memiliki kendala-kendala, dan anak muda tidak boleh berhenti hanya disana, tetapi fokuslah terhadap solusi, jalan keluarnya”, jelasnya.

BACA JUGA  Tingkatkan Pola Hidup Sehat, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Ajarkan Senam Gembira Kepada Anak-Anak Perbatasan.

Porsi perencanaan ungkap Ir. I Wayan dan porsi pelaksanaan harus diatur. Perencanaan boleh, tapi hanya mengambil sedikit peran. Yang paling banyak berperan adalah pelaksanaannya. Jika dibandingkan antara perencanaan dan pelaksanaan, maka angka yang tepat untuk membandingkannya adalah 1 : 3, bebernya.

Dari Talkshow tersebut diharapkan dapat memberi penguatan dan wawasan untuk anak-anak muda Hindu. Setidaknya ada dua poin yang diharapkan mampu diimplementasikan:

Pertama: untuk enjadi generasi muda Hindu yang maju harus berani tampil, jangan hanya berhenti hanya pada kendala. Fokuslah pada solusi. Di era ini jangan sampai diperbudak oleh kemajuan teknologi. Justru dengan teknologi inilah kita harus mampu memanfaatkannya dengan baik.

Kedua: Menumbuhkan bibit-bibit kecintaan terhadap Hindu harus dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti mengucap “Om Swastyastu” saat hendak keluar dan masuk rumah, hormat kepada orangtua, dll. Hal-hal kecil tersebutlah yang harus dibiasakan (pembiasaan), sehingga keyakinan terhadap Hindu dapat mengakar dengan baik dalam lubuk hati kita.

Editor: Rahman