Capaian Kesejahteraan Rakyat dibalik Kepemimpinan Dr. H. Najmul Ahyar

Capaian Kesejahteraan Rakyat dibalik Kepemimpinan Dr. H. Najmul Ahyar

Pada era kepemimpinan Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH selaku Bupati dan Drs. H. Suardi, MH. Selaku sekretaris daerah banyak kebijakan berupa program-program pro masyarakat miskin. Di antaranya beasiswa diberikan kepada para siswa dari SD sampai perguruan tinggi. Juga honor kepada guru-guru honorer baik di sekolah dan madrasah dari Paud TK RA, SD MI, dan SMP MTs, K2, dan PTT dalam bentuk BOSDA, pendidikan berkeadilan untuk sekolah dan madrasah, saber DO untuk memastikan masyarakat yang tingkat pendidikan rendah bisa melanjutkan sekolah melalui paket A, B dan C, sehingga memiliki hak-hak sipil yang sama dengan masyarakat lainnya.

Dr. Najmul Akhyar juga dikenal sangat komit membela pengusaha kecil. Sehingga Lombok Utara menjadi satu-satunya kabupaten yang menolak kehadiran ritel-ritel modern. Juga program WUB yang direalisasikan melalui bantuan alat-alat usaha, dengan capaian melebihi target yang sudah ditetapkan. Pelayanan dasar juga menjadi concern beliau, baik bidang pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur dasar. Dalam bidang kesehatan tenaga dokter tahun 2015 39 orang menjadi 80 tahun 2019, tenaga perawat tahun 2015 sejumlah 221 orang menjadi 406 tahun 2019, tenaga bidan 201 tahun 2015 menjadi 281 tahun 2019, 58 orang tenaga farmasi dan 21 orang ahli gizi tahun 2019. Lombok Utara juga menjadi kabupaten dengan persentase terbesar dalam kepemilikan Kartu Keluarga dan Adminduk lainnya. Pada masa kepemimpinannya ambulance-ambulance desa ada di semua desa, keberadaan dokter-dokter desa meskipun belum seluruh desa. Pasca bencana Lombok Utara tercepat dalam pembangunan RTG, tercepat pemulihan pendidikan. Infrastruktur dasar untuk jalan kabupaten malah telah melampaui target RPJMD. Target RPJMD hanya 75% di tahun 2019, malah capaiannya sudah 75,58%. Dengan panjang ruas jalan 378,32 km. Kalau tidak ada covid19 diprediksi tahun 2020 sudah mencapai 80%.

BACA JUGA  Bupati Lotim, Mencatat Baru 8 Dari 239 Desa Yang Mencairkan Dana Desanya.

Paket Najmul Suardi adalah paket yang bisa saling melengkapi. Politisi yang telah melalui pengalaman dua periode menjadi badan anggaran di parlemen, menjadi wakil bupati dan bupati. Seorang pendidik dengan pendidikan Doktor Hukum Pemerintahan, tentulah seorang yang sangat memahami seluk beluk pemerintahan dan memiliki kepekaan sosial seorang pendidik. Dilengkapi oleh wakilnya, seorang birokrat sejati yang telah melalui karir dari bawah sampai jabatan tertinggi birokrasi di kabupaten.

Berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan Kabupaten Lombok Utara adakah Pembina BUMD terbaik dari sky media Jakarta atas prestasi mendorong perkembangan BUMD di Kabupaten Lombok Utara. Selain itu penghargaan Bupati inspiratif dari sky media Jakarta atas pola kepemimpinan daerah yang mampu menginspirasi kabupaten dan kota di Indonesia. Penghargaan lain adalah UHC JKN-KIS dari kementerian kesehatan atas komitmen pemerintah lombok utara mendukung tercapainya UHC program JKN-KIS lebih awal tahun 2018. Lombok Utara juga meraih penghargaan pastika parahita dari kementerian kesehatan atas telah diterbitkannya peraturan daerah tentang KTR dan KTM. Anugerah Pangripta Nusantara (APN/PPD) dari kementerian pembangunan nasional dengan predikat terbaik ii dari 416 kabupaten se-Indonesia atas prestasi perencanaan pembangunan daerah. Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI yaitu tanda penghormatan dan penghargaan bidang kkbpk atas prestasi mampu mewujudkan program BKKBN di Kabupaten Lombok Utara dan “WTP” lima kali berturut-turut dari BPK RI atas laporan hasil pemeriksanaan pengelolaan keuangan daerah. Penghargaan kabupaten tercepat dalam normalisasi pendidikan pasca bencana dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Pusat. Di samping itu juga Penghargaan dari Gubernur NTB tersebut diberikan atas prestasi sebagai kabupaten/kota terbaik dalam perencanaan pembangunan daerah di provinsi NTB dan Penghargaan indikator strategis RPJMD tahun 2013 – 2018 dari Gubernur NTB dalam pencapaian indikator strategis pembangunan daerah. Inovasi JARING PEKAT dan SABER DO yang masuk ke 10 TOP inovasi provinsi NTB, Penghargaan pangripta dari pemerintah pusat atas perencanaan pembangunan terbaik tingkat nasional, dan berbagai penghargaan lainnya, semuanya merupakan bukti nyata pengakuan kepemimpinan Dr H. Najmul Akhyar selaku Bupati Lombok Utara.

BACA JUGA  Siapkan Lulusan Andal, Mahsiswa Fakultas Kesehatan UNHAM Magang di Industri Farmasi dan Obat-Obatan.
BACA JUGA  Buku Be Adaptive Be Amanah Sukses Curi Perhatian Publik

Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH. dan Drs. H. Suardi, MH.adalah dua orang yang memiliki sikap low profile, santun, mereka terbiasa bekerja nyata dan tidak haus publikasi. Dalam bahasa H. Najmul Akhyar selaku Bupati, ” Pokok e ta menggawean bagus2, alur rakyat jari nilai. Ita menggawean sebagai bagian lek ibadah ta, ling ta Mauk redhan Neneq. Dek ling kasubang sik manusia”. Hal inilah yang banyak membuat orang yang tak mengenal dengan baik seringkali mempertanyakan dan meragukannya. Najmul suardi tak berhenti hanya karena cercaan dan caci orang yang belum tahu, namun membuktikan kerja nyatanya dengan data dan fakta hasil pembangunan, sehingga banyak mendapatkan apresiasi dan prestasi yang diberikan baik oleh Pemda dari provinsi maupun pemerintah pusat dan lembaga lainnya.

Kawan, orang-orang yang memiliki kepentingan pribadi di atas kepentingan rakyat pasti tidak mengakui. Tidak apa-apa, Najmul Suardi bekerja untuk rakyat bukan untuk dipuji segelintir orang yang selalu memandang dari sudut pandang negatif, karena itu selalulah bersemangat, kita haqqul Yaqin Lombok Utara pasti akan lebih maju di bawah kepemimpinan Dwi tunggal pantang tanggal Najmul Suardi, politisi berpengalaman dan birokrat sejati.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA