Bawaslu Jakbar Mengadakan Fasilitasi Sentra Gakkumdu Untuk Pemilu 2024

Sinar5news.com- Jakarta- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) kota administrasi Jakarta Barat mengadakan Fasilitasi Sentra Gakkumdu dengan tema ” Persiapan Menghadapi Pemilu serentak 2024″ yang di laksanakan pada hari Jumat-Sabtu , 2-3 Desember 2022 bertempat di Royal Palm Hotel ,Jl Taman Palem Mutiara Cengkareng Timur Jakarta Barat.

Iklan

Oding Junaidi selaku ketua Bawaslu Jakarta Barat dalam sambutan nya menekankan pentingnya kerjasama koordinas Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu ini dapat terbangun hubungan yang bersifat koordinatif dengan tetap menjaga kemandirian masing-masing kelembagaan.

“ Membangun kesepahaman yang sama dalam memaknai norma pengaturan pelanggaran pidana pemilu atau pemilihan yang selama ini diakui kerap dikeluhkan. Pola hubungan yang baik juga untuk mengatasi hambatan normatif dalam penanganan pelanggaran pidana dan penyesuaian terhadap perkembangan hukum kekinian “. tuturnya .

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin, Abdul Roup dalam sambutannya mengatakan; ” Fasilitasi sentra gakkumdu ini untuk menjalin koordinasi dan komunikasi di semua stakeholder misalnya dalam hal ini antara sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian dengan Panwaslu Kecamatan yang ada di kota administrasi Jakarta Barat”. Pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari kepolisian dan dari Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, kepolisian ada 7 personil yang di tugaskan di Bawaslu Jakbar ,sedangkan dari kejaksaan ada 6 orang dari kepolisian ada 7 personil yang di tugaskan di Bawaslu Jakbar.

Lebih lanjut Reki Putra Jaya selaku koordinator divisi hukum, pendidikan dan pelatihan Bawaslu DKI Jakarta dan korwil Jakarta Barat, mengatakan,” Sebagai pengawas , bukan hanya kerja kerja teknis ,tapi kerja diskusi juga harus kita bangun. Bawaslu bisa memiliki wajah yang baik dan Bawaslu memiliki kewenangan menindak dan kita selaku panwascam harus sudah kita kuasai jika semua bekerja bagus “. Ungkapnya.

Acara ini di hadiri panwascam kecamatan se Jakata Barat,KIPP,HMI Jakarta Barat,Karang Taruna,DMI,GPI ,Staf Bawaslu Jakarta Barat Serta unsur media . (Wdy)