Bahas PSBB, Gubernur Jawa Timur Panggil Tiga Kepala Daerah di Surabaya

banner post atas

Sinar5News.com – Jakarta – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan memanggil tiga kepala daerah di wilayah Surabaya untuk membahas pemberlakuan Sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketiga kepala daerah dimaksud adalah Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Para kepala daerah ini dihadirkan karena wilayahnya berdekatan secara geografis dan beberapa akhir ini daerah tersebut terjadi kenaikan kasus positif covid-19 secara signifikan.

Iklan

“Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur akan memanggil ketiga kepala daerah tersebut Bersama Forkopimda, Minggu besok di Gedung Grahadi,” kata Khofifah saat memberikan keterangan pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (18/4/2020) malam.

Terakhir hasil dari laporan jum’at 17 April 2020penyebaran kasus Covid-19 merata di 31 kecamatan di Surabaya dengan jumlah 270 kasus, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 703 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.806 orang.

“Dalam catatan, konfirmasi positif setiap hari yang berasal dari PDP rata-rata 50-60 persen,” ujar Khofifah.

Sementara di Gresik dan Sidoarjo, dua daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Surabaya ini juga menunjukkan kenaikkan kasus Covid-19 yang signifikan.

Dari 18 kecamatan di Gresik, saat ini 11 kecamatan telah memiliki kasus positif Covid-19.

Hingga Jumat, yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 20 orang, PDP 102 orang, dan ODP berjumlah 1.073 orang.

Sementara dari 18 kecamatan di Sidoarjo, saat ini 14 kecamatan telah memiliki kasus positif berjumlah 55 orang, PDP 118 orang, dan ODP berjumlah 497 orang.

“Gresik dan Sidoarjo memiliki pola interaksi kewilayahan yang sangat erat dengan Kota Surabaya,” tutup Khofifah. 

Data akhir pada Sabtu,18 April 2020, kasus positif virus covid-19 teridentifikasi sebanyak 555 kasus diantaranya 98 dinyatakan sembuh dan 54 meninggal dunia.

BACA JUGA  Polres Sumbawa Laksanakan Konferensi Pers Ungkap 6 Kasus Kejahatan Dalam Dua Pekan

(SDK)