Ada 29 Desa Dari 13 Kecamatan Ikut Pikades Serentak Tahun 2021. PNS Boleh Ikut Kompetisi.

Foto : Lukmanul Hakim (Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa DPMD Lotim-NTB)
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Lukmanul Hakim,S.sos menyampaikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk Kabupaten Lombok Timur, akan digelar pada tahun 2021 ini.

“Pilkades serentak kita akan gelar ditahunn 2021 ini, tetapi untuk hari,tanggal dan bulannya akan kita tentukan kemudian, yang jelas jumlah Desa yang akan melakukan Pilkades sebanyak 29 Desa dari 13 Kecamatan,” ungkap Lukman diakntornya. Kamis (21/01/2021).

Ia juga menambahkan sebenarnya Pilkades Tahun 2021 ini merupakan kelanjutan dari rencana Pilkades yang akan digelar pada tahun 2020, tetapi karena adanya wabah Covid-19 maka pelaksanaan Pilkades itu diundur ketahun ini. Padahal pada waktu itu tahapan-tahapan pilkades sudah dilaksanakan.

Iklan

“Sesuai dengan Peraturan Bupati terkait dengan juknis pelaksanaan Pilkades serentak, sudah tertuang bahwa di Kabupaten Lombok Timur ini ada tiga gelombang. Gelombang I tahun 2016,Gelombang ke II tahun 2017 dan Gelombang ke II di tahun 2020. Karena ada penundaan ditahun 2020, maka secara otomatis kita akan mengadakan Pilkades di tahun 2021 ini,” paparnya.

Menurut Lukman dalam pemilihan Kepala Desa itu, Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperbolehkan untuk mencalonkan diri sebagai calon Kepala Desa selama ada izin dari Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati. Tetapi kalau ada anggota BPD yang mau mencalonkan diri jadi Kades, harus mundur dari BPD.

“PNS boleh mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa selama mendapat izin dari Bupati dan jika PNS tersebut lulus sebagai Kades, maka mereka tidak berhak untuk mendapat gaji dari jabatan Kadesnya, tetapi mereka hanya dapat tunjangan-tunjangan yang sesuai dengan Perdes, karena seseorang itu tidak boleh mendapat gaji dobel,” jelasnya.

BACA JUGA  SYAIR ISNPIRATIF (25) IDUL FITHRI MOMENT SALING MEMAAFKAN Oleh : Abu Akrom

Sedangkan terkait dengan pembiayaan pilkades akan ditanggulangi dari APBD II, terkecuali bagi Desa yang melakukan pemilihan karena PAW (Pengganti Antar Waktu) pembiayaan Pilkadesnya akan diambilkan dari Dana Desa.

“Ada enam Desa dari 5 Kecamatan yang akan melakukan Pilkades PAW diantaranya, Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya, karena Kadesnya meninggal, Desa Rensing karena Kadesnya meninggal, Desa Rempung karena Kadesnya mengundurkan diri, Desa Sikur Selatan karena Kadesnya meninggal dunia,dan di Kecamatan Suralaga ada dua Desa yang PAW yakni Desa Bagik Payung Timur dan Desa Anjani, juga karena meninggal dunia,” terangnya.