5 Fakta Mengejutkan diBalik Tertawa, Bukan Hanya Menyehatkan Tubuh

banner post atas

Sinar5News.com – Jakarta. Tertawa bukan hanya bisa memperbaiki mood dan bikin hati senang. Beberapa ilmuwan menemukan fakta bahwa tertawa yang membawa segudang manfaat untuk kesehatan maupun hal lainnya. Apa saja fakta tentang tertawa yang wajib kamu ketahui?

1. Sebetulnya, tertawa belum tentu karena ada candaan atau lelucon

Robert Provine, seorang psikolog dari University of Maryland menemukan bukti bahwa sebenarnya manusia bisa tertawa saat mereka sedang berbicara basa-basi dengan temannya, bukan karena ada lelucon yang dilontarkan.

Iklan

2. Pasangan yang sering tertawa bersama lebih langgeng hubungannya

Robert Levinson, profesor psikologi di University of California Berkeley, meneliti beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Ia meminta masing-masing sesama pasangan untuk membuat satu sama lain merasa kesal

Hasil yang didapat pasangan berdiskusi sambil tertawa dan senyum bisa merasakan emosi yang lebih baik. Lalu dengan tertawa, pasangan tersebut juga merasakan tingkat kepuasan lebih tinggi dalam hubungan asmaranya dan menjalin hubungan langgeng.

3. Tertawa itu “menular”

Bila melihat orang tertawa, kadang kita merasa tidak bisa menahan diri ikut tertawa atau senyum. Bahkan ketika kita tidak tahu apa yang lucu, melihat orang lain tertawa saja bisa membuat geli sendiri. Hal itu terjadi karena otak memantau aktivitas yang dibuat oleh otot-otot di wajah orang lain.

4. Tertawa bisa membakar kalori

Pernah dengar kalau tertawa bisa membakar kalori? Ya, dengan tertawa selama 10-15 menit, 40 kalori dari tubuh bisa terbakar begitu saja.

Semua reaksi fisik ini tentu membutuhkan energi, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak daripada ketika kita sedang diam saja.

5. Tertawa menyehatkan tubuh

Studi demi studi telah menunjukkan manfaat kesehatan dari tawa. Contohnya yaitu sebuah penelitian dari Loma Linda University yang menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya ingat orang dewasa pada usia 60 dan 70-an.

BACA JUGA 

Hal ini tentu menyehatkan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) kita. Fakta tentang tertawa lainnya pun menunjukkan bahwa tertawa memang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatur kadar gula darah, dan memperbaiki pola tidur. (SID)