Ternyata Ini Asal Mula Listrik ! Kita Tak Pernah Tahu !

Ternyata Ini Asal Mula Listrik ! Kita Tak Pernah Tahu !

Hello sobat sinar5fakta , kali ini sinar5fakta telah merangkum dari berbagai sumber untuk membahas asal usul listrik loh ! Tahukah kamu ? Listrik yang kita pakai sehari hari ternyata berawal dari bulu kucing lho !

Sekitar 600 SM, Thales of Miletos menggosok amber (elektron dalam bahasa Yunani) dengan bulu kucing dan mengambil sedikit bulu. Ia kemudian menulis tentang amber yang bermuatan menggosok. Dia menggambarkan apa yang sekarang kita sebut listrik statis.

Sementara itu, magnet ditemukan pertama kali pada 900 SM. Magnus, seorang gembala Yunani, berjalan melintasi ladang batu hitam yang menarik paku besi dari sandal dan ujung besi dari staf gembalanya (keaslian tidak dijamin). Sejak saat itu, daerah tersebut dinamai Magnesia dan logam dinamai Magnet untuk menghormati sang gembala penemu.

Thales of Miletos
Thales of Miletos

Apabila penemuan magnet berjarak kurang lebih 300 tahun, maka persimpangan jalan antara magnet dan listrik butuh waktu 1800 tahun setelahnya atau hampir 2 milenia kemudian. Pada 1269, Petru Peregrinus dari Picardy, Italia, menemukan bahwa magnet bola alam (lodestones) menyelaraskan jarum dengan garis-garis bujur yang menunjuk antara dua posisi kutub pada batu.

 

Kemudian setelah bertahun – tahun semenjak ide Thales dikemukakan, baru kemudian muncul lagi penapat – pendapat serta teori -teori baru mengenai listrik seperti yang diteliti dan dikemukakan oleh William Gilbert, Joseph priestley, Charles De Coulomb, AmpereMichael Farraday, Oersted, dll.

Di zaman pra sejarah tahun 1752 Benjamin Frankiln membuktikan bahwa Petir merupakan energi listrik, yang bersumber dari alam yang mempunyai kekuatan sangat besar, Benyamin Franklin juga orang yang pertama kali menemukan penangkal petir untuk melindungi gedung-gedung dari hantaman petir, lalu Tahun 1879 Thomas Alva Edision orang yang pertama kali menemukan bola lampu yang mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh  dunia. Masyarakat dapat merasakan cahaya terang melalui bola lampu yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison bukan dari api lagi seperti di zaman sebelumnya.

BACA JUGA  Waw, Ketum Santri Tani NU Bawa Investasi 15 Triliun Rupiah Untuk Kota Dumai Bangun Pelabuhan Internasional
BACA JUGA  Waw, Ketum Santri Tani NU Bawa Investasi 15 Triliun Rupiah Untuk Kota Dumai Bangun Pelabuhan Internasional

Benjamin Frankiln
Benjamin Frankiln

Di Indonesia kita mempunyai pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber daya alam seperti, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTU ( Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) dan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel).

 

Nah untuk PLTA sendiri itu menggunakan sumber daya alam berupa air , Arus air yang mengalir dan menggerakan turbin akan menghasilkan energi gerak dan energi gerak akan di ubah menjadi energi listrik didalam generator. Setelah itu terjadi kumpulan energi listrik yang besar yang terbangun dalam dua unsur yaitu tegangan dan arus biasanya di Indonesia listrik mempunyai tegangan antara 6000 volt hingga 2100 Volt. Setiap negara mempunyai kapasitas tertentu dalam hal pasokan listrik, maksudnya pasokan listrik yang dihasilkan harus disesuaikan dengan kebutuhan di setiap negara tersebut.

Listrik yang kita rasakan merupakan proses yang dihasilkan oleh manusia dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam berupa air, sehingga kita sebagai masyarakat harus bijak dalam menggunakan pasokan listrik.

 

Jadi manfaatkan listrik dirumahmu sebaik mungkin ya ! Semoga bermanfaat !

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA