Tanda-tanda akan datangnya hari kiamat || edisi 14 Dzulqa’dah 1444 H

Tanda-tanda akan datangnya hari kiamat || edisi 14 Dzulqa’dah 1444 H

Kiamat adalah kejadian luar biasa yang kedahsyatannya tidak bisa disamakan dengan kejadian sehebat apapun dimuka bumi ini. Gempa, banjir, tanah longsor atau kejadian apapun bentuknya, tidak bisa menyamai dahsyatnya kiamat.

Kiamat merupakan kejadian akhir yang menandakan bahwa dunia sudah tutup buku atau sudah berakhir. Pada hari kiamat langit dan bumi hancur, apa yang ada didalamnya berhamburan, seluruh planet hancur, sehingga bumi ini lapang dan merata berubah menjadi Mahsyar. Tidak ada lagi gunung, bukit ataupun pepohonan.

Lalu kapankah terjadinya hari yang sangat besar tersebut ?. Tidak ada yang tahu kapan terjadinya, namun Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebutkan beberapa tanda akan datangnya hari kiamat. Adapun diantara tanda kiamat akan segera datang adalah sebagai berikut : 

1. Diangkatnya ilmu

2. Merebaknya kebodohan,

3. Diminumnya khamer serta praktek perzinahan secara terang-terangan

4. Sedikitnya ilmu

5. Merebaknya kebodohan

6. Perzinahan secara terang-terangan

7. jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki.

Lebih jelasnya tentang tanda kiamat yang telah tersebut diatas dapat kita lihat pada kumpulan hadits Sahih Bukhari pada No. Hadist: 78. Berikut teks haditsnya :

حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مَيْسَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Telah menceritakan kepada kami ‘Imran bin Maisarah berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits dari Abu At Tayyah dari Anas bin Malik berkata, telah bersabda Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dan merebaknya kebodohan dan diminumnya khamer serta praktek perzinahan secara terang-terangan”.

Keterangan yang serupa dapat kita temukan juga pada kumpulan hadits Sahih Bukhari pada No. Hadist: 79. Berikut teks haditsnya :

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمْ أَحَدٌ بَعْدِي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَتَكْثُرَ النِّسَاءُ وَيَقِلَّ الرِّجَالُ حَتَّى يَكُونَ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Syu’bah dari Qotadah dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu dan merebaknya kebodohan, perzinahan secara terang-terangan, jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki.

Muhammad Fathi 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA