Selamat Hari Bahasa Ibu

banner post atas

Tahukah HIMMAWATI NW bahwa hari ini adalah Hari Bahasa Ibu? Ya, Scientific and Cultural Organization atau Unesco telah menetapkan setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu.

Mengapa harus bahasa ibu? Karena bahasa ibu adalah penguasaan bahasa seorang anak paling pertama sebelum ia mengenal bahasa-bahasa lainnya. Pemerolehan bahasa merupakan sebuah proses yang panjang. Dimulai anak tak bisa berbicara hingga fasih berbicara dan mulai mengenal bahasa lain.

Iklan

Melalui peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional ini, mengajak kepada kita semua untuk menyadari bahwa keberagaman bahasa dan multilingualisme adalah aspek penting.

Indonesia sendiri termasuk negara yang banyak memiliki bahasa daerahnya. Seperti dikutip dari laman Kemendikbud RI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Bahasa Kemendikbud) telah memetakan dan memverifikasi sebanyak 652 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah tersebut tidak termasuk dialek dan subdialek, lho.

Adapun Summer Institute of Linguistics menyebut jumlah bahasa di Indonesia sebanyak 719 bahasa daerah dan 707 di antaranya masih aktif dituturkan.  Sementara itu, Unesco baru mencatatkan 143 bahasa daerah di Indonesia berdasarkan status vitalitas atau daya hidup bahasa.

#haribahasaibu #himmawatinw #himmahnw #profesionalmoralis #nw

BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (85) SELAMAT HARI IBU NASIONAL