Program Pendidikan Tahfiz Bale Qur’an NWDI Lombok Gratiskan Santri Yang Tidak Mampu

Program Pendidikan Tahfiz Bale Qur’an NWDI Lombok Gratiskan Santri Yang Tidak Mampu

SINAR5NEWS.COM- Lotim- Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat selain dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid. Lombok juga di kenal dengan pulau yang memiliki banyak lembaga pendidikan pondok pesanteren dan madrasah. Hal itu tidak terlepas dari sejarah peradaban lombok yang begitu melekat dengan nuansa keislaman.

Sama halnya dengan pulau jawa yang begitu menjamur lembaga pendidikan madrasah dan pondok pesantren, di lombok juga demikian. Kini telah banyak berdiri lembaga-lembaga pendidikan keagamaan baik Negeri maupun Swasta. Salah satunya adalah lembaga pendidikan Swasta Bale Qur’an (BeQi) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Lombok.

Lembaga pendidikan Al-Quran yang beralamatkan di Jln. Jurusan sambelia dusun bunut tunjang desa gunung malang kecamatan Pringgabaya Lombok Timur NTB ini didirikan oleh TGH. Atmamul Ulum, QH,.S.Pd.I yang merupakan Alumni MDQH NWDI Pancor penghafal 30 juz Al-Qur’an sejak duduk di bangku Mts. dan pernah menjadi imam di timur tengah yaitu Riyadh ibu kota Saudi Arabia selama 4 tahun.

Tahun 2017 lalu tepatnya pada tanggal 17 Juli, ia mendirikan BeQi NWDI Lombok yang
bertujuan untuk memberikan harapan baru bagi para Anjum NWDI yang ingin menjadi penghafal Alqur’an 30 Juz di usia dini yakni jenjang SMP, usia remaja pada jenjang SMA dan usia dewasa pada jenjang Mahasiswa atau umum (kelas Takhossus).

Saat ini jumlah santri dan santriwati yang menempuh pendidikan di Bale Qur’an NWDI Lombok berjumlah 30 orang, 20 orang merupakan santri dan 10 orang merupakan santriwati.

Berdasarkan keterangan dari sang pendiri bahwa pendirian lembaga pendidikan Alquran ini berawal dari keprihatinannya terhadap kondisi perekonomian masyarakat yang menginginkan anaknya menjadi seorang hafiz Alquran namun terkendala biaya.

“Betapa banyak para orang tua anjum NWDI pada khususnya dan masyarakat pada umumnya yang menginginkan putra-putrinya menjadi penghafal Alqur’an namun mereka terkendala biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal”, ucap Tgh. Atmam.

BACA JUGA  Penegakan Prokes di Tawangsari : Tak pandang bulu, semua orang harus disiplin

Ia berharap BeQi NWDI bisa menjadi solusi untuk menjawab permaslahan yang terjadi di tengah masyarakat.
“BeQi NWDI Lombok ini diharapkan mampu menjawab hajatan dari para orang tua yang kurang mampu dengan menggratiskan santrinya yang yatim dan tidak mampu. Dan bagi yang mampu maka biayanya sangat murah dan sangat terjangkau dan terbukti jerih payah itu terjawab, ada beberapa santri khatam 30 Juz selama 6 bulan dan 10 bulan”, ujarnya.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Polres Bima Kota Razia Miras

“tujuan awal berdirinya BeQi NWDI Lombok ini pada dasarnya sebagai solusi dari keluhan para orang tua yang ingin anaknya menjadi penghafal Alqur’an namun tidak memiliki biaya yang cukup”, lanjutnya.

Ketika di tanyak mengenai visi dan misi lembaganya, Tuan Guru Muda yang akrab di sapa TGH. Atmam ini mengungkapkan bahwa Visi BeQi NWDI adalah mencetak generasi penghafal Al-qur’an yang berakhlak mulia.

“Sedangkan Misi BeQi NWDI antara lain: 1. Mendidik santri agar mampu menghafal Al-qur’an 30 juz, 2. Membina santri agar memiliki kepekaan sosial, 3. Mengarahkan santri agar mampu menghadapi zamannya dengan berpegang teguh pada Al-qur’an dan sunnah Rasulullah SAW sesuai yang diajarkan oleh Almagfurlahu Maulanassyaikh TGKH. Zainuddin Abdul Majid”, jelas TGH. Atmam.

Bagi bapak/ibu/saudara yang ingin mendaftarkan anaknya di Lembaga Pendidikan Tahfiz Bale Qur’an NWDI Lombok, berikut persyaratannya:
1. Bagi calon Santri yang tidak mampu.
– Foto copy KK dan KTP.
– Surat Keterangan Lulus dari SD atau SMP.
– Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan.
– Wajib mondok.

2. Bagi calon Santri yang mampu.
– Sumbangan pembangunan Rp. 1.500.000
– Uang makan per-bulan Rp. 200.000

Pendaftaran bisa menghubungi kontak berikut.
Nomor Kontak:
– 085337027072/0819236236663
TGH. Atmamul Ulum, QH,.S.Pd.I (Pimpinan Bale Qur’an NWDI Lombok).
– 082339646298
Abdurrahman, S.Pd.I

BACA JUGA  OSIS NW: Uji Kapabilitas Kandidat Periode 2019/2020

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA