Prof H Agustitin: PUASA MERUPAKAN UPAYA BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN

banner post atas

Semua umat muslim yang sedang berpuasa pasti memahami bahwa puasa adalah fungsi menahan diri, dari haus lapar,iri dengki ,marah, benci dll.

Dalam menjalani kehidupan sehari hari, kemungkinan kita pernah kurang percaya diri, entah karena kondisi dan situasi apa, mungkin ekonomi,mungkin karena status sosial.

Tentu sebagai umat muslim kita juga tahu, bahwa puasa merupakan upaya untuk berproses menjadi insan yang selalu bberlanjutnya selalu “percaya dir”i dalam situasi dan kondisi apapun juga.

Iklan

Berpuasa di bulan romadon sebenarnya up atau melatih diri, agar mampu untuk menjadi insan yang pantas menjadi insan yang paling tinggi derajatnya, karenanya kita harus berusaha mempercayai kemampuan kita sendir untuk menghadapi kehidupan inii.

Jika mau menyadari atau sadar bahwa pdiatasnamakan di kesukaan pada makhluk yang paling sempurna yaitu manusia , yang memiliki akal dan fikiran, sehingga kita memiliki banyak kelebihan.

Jika kita s membaca alkitab (Al Qur’an) suroh At-tin yang menjelaskan bahwa sebagai manusia yang sempurna harus menjadikan Al- Quran sebagai pedoman da petunjuk hidup.kia.

Dengan demikian kita sadar bahwa “sesungguhnya, manusia di ciptakan dalam keadaan sebaik baik ciptaan” dan ” kelak akan di kembalikan dalam bentuk yang serendah rendahnya kecuali orang orang yang meneguhkan dirinya dengan sikap percaya diri”

NAH…sebagai makhluk yang paling sempurna di hadapan Allah, maka atas dasar keyakinan tersebut , kita harus mampu menggunakan i fungsi fikiran kita.

Sebenarnya kebanyakan dari kita belum menggunakan kemampuan yang Allah berikan pada kita,yang berupa IQ, EQ, SQ , Dan KQ , sebagai pusat motorik yang mempengaruhi sikap dan perilaku dengan maksimal.

IQ ,EQ ,SQ,KQ yang memiliki peran penting dalam mengatur dan mengkordinir menjadi prilaku, , sikap dan ketrampilan dan gerak tubuh yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi rahmatan lil ngalamin.
Dan Sejatinya memiliki kekuatan untuk mengatur moods dan kepercayaan diri kita.. IQ EQ ,SQ ,KQ manusia memiliki tanggung jaab untuk mengatur seluruh tubuh, dan dipercayai dapat mempengaruhi perkembangan pesikologi kognitif kita.

Jadi apabila kita mampu mengelolanya akan menjadi sikap dan perilaku yang positif, terlebih tentang kemampuan untuk bisa melakukan apapun.juga , maka akan mampu mengatur gerak kita untuk melakukan hal yang positif dan bermanfaat..

Maka menjadi hal yang sangat penting untuk kita mampu mengendalikan sikap kita dan perilaku postif serta berman faat bahwa kita mampu melakukan segala sesuatu dengan kemampuan kita, yang kita miliki, maka lakukan yang terbaik dan mulailah menggali kemampuan tersembunyi kita tersebut, mencoba sesuatu yang baru, yang saat ini kita masih takut untuk mulai melakukannya.
Percayalah bahwa kemampuan kita tidak terbatas pada kondisi fisik, ekonomi ataupun keadaan sosial kita. Mulailah berfikir, bergerak dan lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Pepatah bijak mengatakan “Tidak ada seorangpun yang tahu dengan baik kemampuan kita, selain diri kita sendiri!” dan yang terpenting, jangan pernah membandingkan kondisi diri dengan orang lain. Karena sebagai makhluk yang sempurna, setiap dari kita pasti memiliki kelebihan dan keunikan yang berbeda satu sama lain.

BACA JUGA  Kisah Seorang Ibu

Hiduplah diatas kewajaran dalam menjalani kehidupan kita, dan berusaha yang terbaik untuk tidak mengganggu hidup orang lain, itulah cara terbaik dalam menjalani kehidupan ini.
Dan yang terpenting, berdamailah dengan segala kondisi yang kita alami.

Sadari bahwa di luar sana, masih banyak orang yang benar-benar berjuang dengan kesehatan mental.
Melihat sekeliling, seperti teman dan saudara yang sudah sukses, kita sering bertanya-tanya:” Bagaimana mereka melakukannya?” “Bagaimana mereka bisa merasa begitu baik, seperti tidak ada masalah?”
“Bagaimana cara menerima kekurangan diri sendiri?”
Oleh sebab itu belajarlah untuk menerima kekurangan diri dan cobalah untuk mencintai dirimu sendiri.
Bisa jadi, inilah “the greatest love of all”. Pahamikan diri tentang bagaimana cara menerima kekurangan diri sendiri,setidaknya perhatikanlah hal hal sbb;

a. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain
Karea pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang ditakdirkan menjadi pribadi yang kompetitif.
Jadi, membandingkan diri sendiri dengan orang lain sebenarnya adalah hal yang wajar. AkanTetapi, hal ini bisa berbahaya jika tidak bisa menerimanya dengan baik. Tidak ada gunanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap individu diciptakan unik, tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
Kita adalah makluk terbaik dalam kehidupan ini. Sebaliknya, fokuslah pada diri sendiri dan bagaimana cara menaklukkan masalah hidup. Gunakan energimu pada hal-hal yang positif saja.

b. Hindari rasa khawatir terhadap pendapat orang lain
Jadikan pendapat orang tentangmu sebagai acuan. Jangan khawatir tentang apa yang orang-orang pikirkan atau harapkan dari kita.
Seharusnya Kita bisa membuat semua orang lain menjadi bahagia.
Hal Ini menjadikan waktu kita tidak ter buang-buang , dan hanya akan memperlambat perjalanan hidup kita untuk menjadi insan yang terbaik.

BACA JUGA  Hadist Hari Ini Selasa 17 Robiul Awwal 1442

c. Kita seharusnya bertanggung jawab atas semua energi yang kita keluarkan. Jika ada seseorang yang menjadi negatif dalam hidupnya yang membuat hidup kita tidak bermanfaat bagi sekitar, serta tidak bertanggung jawab terhadapnya , mungkin itu bisa jadi tanda bahwa kita harus berubah.

Jangan takut melakukan hal yang baik sekalipun harus minta maaf. Ini merupakan hal yang penting yang dapat membebaskan kita dari hal-hal buruk( kesombongan pada diri kita), meskipun mungkin menyakitkan.

Ingatlah untuk melindungi energimu dari hal-hal negatif, ini bukanlah hal yang buruk atau salah untuk menghapus dirimu dari kesalahan masa lalu.

d. Apabila kita telah berbuat kesalahan, perasaan takut adalah hal yang alami dan lumrah bagi kita.
Jangan tolak ketakutan itu. Cobalah untuk memahaminya. Hal ini benar-benar dapat membantu kesehatan mentalmu. Mengidentifikasi dan mengevaluasi ketakutan yang dimiliki akan membantumu mendapatkan kejelasan dan membuka kedok permasalahan dalam hidup ini, yang menyebabkan diri sendiri cemas.
Kemudian presidenlah ketakutan diri agar dapat membantu meringankan bebankita , mungkin tidak semua, dari kecemasan yang ada diri kita, tetapi setidaknya dapat mengurangi.

e. Tentunya kita pasti mendengar pepatah yang berbunyi “tidak ada yang sempurna, semua orang pasti pernah membuat kesalahan.”

Akan tetapi kita mesti sadar bahwa semakin kita tua diri ini, semakin banyak tekanan dan ekspektasi yang kita rasakan, yang membuat kesalahan. Tetapi in tidak menjadi masalah karena Tuhan tidak pernah memberi ujian di luar batas kemampuan yang di berikan.

Jadikan kesalahan yang pernah kitanperbuat sebagai pembelajaran untuk tidak mengulang lagi, lupakan suara dan ekspektasi yang mengatakan bahwa kita harus selulu melakukan hal yang sempurna. Buatlah setiap kesalahan adalah pelajaran yang berharga dan ubahlah menjadi “solusi” dan pastikan itu semua akan kita dapatkan sesuatu yang sangat berharga.

f.. Cobalah dan biarkan diri kita merasakan semua rasa yang ada, apa itu pahit, getir, manis, asam , rasa senang ,menderita rasa duka dll.
Bersandarlah pada rasa apapun juga , jika perlu bersenang senang maka bersenang-senanglah dengan rasa suka kita tetapi semuanya ada batasnya.dan batasi perasaan kita pada rasa yg pas.

MIsalkan ada rasa ketakutan, rasa sakit, dan rasa gembira maka jadikan emosi semua itu, membantumu memahami diri sendiri yang pada akhirnya membuatmu dapat menyadari bahwa karakter pribadi kita bisa di kendalikan secara profesional dan proporsional.