Pentingnya Latiahan Sabar Sebelum Masuk Ramadhan

banner post atas

Sabar dalam KBBI artinya tenang, tidak tergesa-gesa dan tahan menghadapi cobaan. Dari definisi ini dapat diambil inti dari sabar adalah tenang dalam menghadapi sesuatu, tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan sesuatu, serta tahan dalam menghadapi ujian dalam hidup. Tiga komponen ini harus ada dalam diri seseorang yang ingin menerapkan sifat sabar.

Sabar memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, apalagi bila memperhatikan perjalanan dakwah para Rasul, sabar merupakan jurus handalan bagi mereka sehingga mampu tetap eksis dalam menyampaikan risalah Allah kepada ummatnya. Mereka tahan menghadapi cobaan dan cacian dari kaumnya, mereka tetap tenang dan tegar dalam berdakwah meskipun nyawa hampir melayang. Termasuk kesuksesan dakwah Nabi kita, tidak terlepas dari sifat sabar yang diterapkan dalam berdakwah. Ketika dicaci, dicemooh, dilempari kotoran, bahkan mau di bunuh, Nabi tetap sabar dan tenang, akibatnya dakwah Nabi menjadi sukses, orang yang tadi mencaci dan mencela berbalik menjadi cinta dan mendukung dakwahnya.

Sabar itu sangat ditekankan dan dianjurkan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman. Saking pentingnya sabar Allah memerintahkan hambanya yang beriman dengan menggunakan fi’il amr, kata kerja perintah yang disitu menunjukkan ada tekanan pelaksanaan padanya, seperti dalam surat ali-imran ayat 200 yang maknanya;
“Hai sekalian orang yang beriman, bersabarlah dan cukupkanlah kesabaran itu.” (ali-lmran: 200)

Iklan

Setelah memahami sabar beserta perannya yang sangat penting dalam kehidupan, selanjutnya kita akan mencoba mengaitkannya dengan puasa ramadhan.

Puasa ramadhan dengan sabar memiliki kaitan yang sangat erat, bahkan dalam berpuasa, sabar memiliki peran yang sangat penting untuk sampai kepada tujuan puasa yaitu menjadi orang yang bertaqwa.

Puasa artinya menahan diri dari makan, berhubungan badan, dan termasuk juga menahan segala panca indra untuk tidak mengobralnya dalam memandang dan memperhatikan hal-hal yang mendatangkan dosa atau sesuatu yang tidak penting. Intinya puasa artinya menahan diri dari hal – hal yang terlarang.

BACA JUGA  Syiar Safari Hizib di Bumi Kinanah.

Bila memperhatikan makna puasa yaitu menahan, maka sabar adalah hal yang wajib ada pada orang yang berpuasa. Dengan sabar orang akan mampu menahan dirinya dengan baik. Persis seperti rem dalam kendaraan, sabar memiliki peran dalam berpuasa. Bila remnya kuat, maka kendaraan akan terkontrol dengan baik. Seperti itu pula sabar dapat mengendalikan seseorang dalam menahan dirinya diwaktu berpuasa.

Oleh karena pentingnya sabar dalam berpuasa, maka dari sekarang seseorang harus melatih dirinya untuk bersifat sabar sebagai bekal dalam menghadapi Ramadhan, dan menghasilkan puasa yang baik dan berkualitas.

Mengetahui peran sabar yang begitu besar dalam menjalankan ibadah puasa, maka keharusan bagi yang ingin mencapai pahala yang sempurna hendaklah melatih diri dari sekarang untuk berprilaku sabar dalam menjalani hidup. Karena kalau sudah terbiasa sabar dari sekarang, itu akan menjadi bagian dari sifat kita, dan pembiasaan tersebut akan terbawa secara otomatis ketika melaksakan ibadah puasa. Dan sebaliknya kalau tidak dibiasakan dari sekarang, maka besok ketika memasuki ramadhan akan terasa agak sulit untuk bersabar dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalam sebuah pepatah dikatakan “sedia payung sebelum hujan” sebelum datang waktunya untuk harus bersabar, maka latihlah diri dari sekarang untuk bisa bersabar, supaya menjadi kebiasan disaat waktunya tiba dan dibutuhkan. Fath.