Menyambut Raker Ke – IV Ganesha Catatan Kecil Humas

Menyambut Raker Ke – IV Ganesha Catatan Kecil Humas

Sinar5news.com- Ciputat- Ganesha akan melakukan raker ke-IV. Rapat kerja tahunan ini akan menentukan arah laju Ganesha satu tahun ke depan dalam menjalankan visi misi kampus merdeka menghadirkan pelayanan prima mencetak generasi unggul berperadaban.

Kampus Ganesha yang sudah berusia 40 tahun ini sudah sangat matang dalam mengembang amanah mengisi kemerdekaan mencerdaskan anak bangsa. Usia yang sudah tidak muda lagi, usia yang Allah jadikan sebagai  standar pelantikan pengangkatan risalah kenabian Rasulullah Muhammad Saw.
 
Sebagai kampus laboratorium mencetak insan akademis pencipta, terlebih sudah memproklamirkan diri menuju Universitas dimasa akan datang. Proses transformasi pengalihan bentuk menjadi universitas sedang dalam tahap pelaksanaan dan penyempurnaan.
 
Mencermati trend  perjalanan dunia global saat ini, dunia pendidikan dituntut beradaptasi cepat tatkala dunia sudah memasuki meta fase. Tekhnologi sudah banyak menggantikan peran manusia baik di industri maupun laboratorium. Ini adalah tantangan nyata  yang kita hadapi. Banyak peran pekerjaan manusia yang sudah diambil alih oleh mesin.
 
Dunia degitalisasi merambah masuk sampai pelosok terpencil di daerah, bahkan Indonesia masuk sebagai negara tiga besar dunia pemakai Internet. Kenyataan ini adalah real di depan mata kita. Perubahan zaman sudah melampaui gerak kita.
 
Menghadapi perubahan zaman yang serba degitalisasi mengharuskan kita melakukan inovasi baik dalam desain kurikulum maupun pengajaran sehingga arah maksud dan tujuan kampus merdeka belajar terimplementasi dengan baik bukan hanya selogan.
 
Kampus merdeka belajar hadir untuk menjawab tantangan perguruan tinggi agar tidak hanya mampu mewisuda mereka  tiap tahunnya tapi selesai wisuda memiliki keahlian yang dapat di jadikan pondasi  untuk berkarya menghidupi diri dan keluarga kelak.
 
Keahlian keterampilan sebagai bekal menghadapi pergolakan dunia kerja yang serba berkompetisi mutlak dibutuhkan. Dalam pandangan kami sebagai humas Ganesha penting kemudian :
1. Merevolusioner cara pandang terhadap model pendidikan berbasis kompetensi membangun skill menerapkan kurikulum merdeka adalah suatu keniscayaan.
2. Memberikan mata kuliah diawal berupa mata kuliah khusus keahlian sehingga memasuki  periode magang sudah siap dan terampil 
3. Perlu pemberian keterampilan tekhnologi dan bahasa sebagai alat yang sangat mutlak dibutuhkan dalam dunia kerja dan global
4. Lembaga penunjang laboratorium bahasa dan komputer harus dihidupkan sebagai tempat praktek degitalisasi
5. Sebagai kampus ekonomi praktek bank mini penting disiapkan sebagai tempat praktek mahasiswa/i
6. Bangunan dasar UMKM yang sudah tumbuh pesat yang sudah dirintis program KBK baik program S1 maupun Pasca yang dimiliki mahasiswa/i tinggal dikembangkan dengan sentuhan degitalisasi yang harus ada di lingkungan kampus.
7.  Memberikan keterampilan tambahan oleh kampus semisal penguasaan bahasa asing dan komputer yang bersertifikasi untuk bekal menghadapi dunia kerja.
8. Melakukan MoU kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta sebagai tempat penyaluran  pemagangan.
9. Dengan hadirnya program RPL sebagai jalan mempercepat kelulusan yang bermartabat dan akuntabel bukan jalan pintas yang tidak berdasar adalah langkah baik bagi mahasiswa/i yang sudah dan sedang menjadi karyawan 
10. Harus berani melakukan trobosan inovasi lompatan semisal mata kuliah yang kurang memberikan efek manfaat ke mahasiswa/i perlu ditinjau ulang digantikan dengan skill keterampilan bahasa dan komputer atau keterampilan lainnya yang dianggap perlu dan lebih menunjang.
11. Mengingat Ganesha sebagai institusi kampus tertinggi dalam level pendidikan di kedua yayasan maka perlu ada aturan main agar sekolah  SMA dan SMK  yang dibawah yayasan perlu diarahkan sejak awal masuk untuk berkuliah di Ganesha jika mereka tidak dapat di  perguruan tinggi negri (PTN).
12. Fastabiqul khairat Mari berlomba dalam kebaikan perjalanan panjang Ganesha baik suka dan duka adalah pelajaran berharga untuk membangun institusi pendidikan yang unggul berkualitas taat azaz. Hanya lembaga yang menjaga mutu lulusannya yang akan bisa bersaing di dunia global.
 
Demikian berapa catatan singkat dari humas  yang selalu mensyiarkan Ganesha sebagai kampus masa depan gemilang yang dapat membantu anak bangsa menemukan,  mengembangkan, mengasah bakat minat untuk sukses masa depan. Unity Is Fower. Amien yra. Selamat Raker 
 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA