Memasuki Awal Tahun 2021, Pemesanan Tiket Bus AKAP di Jakarta Bisa Melalui Online.

banner post atas

Sinar5news.com – JAKARTA – Transportasi Bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) memberikan cara baru bagi masyarakat yang menggunakan jasa Transportasi tersebut.

Di terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, dapat dengan mudah memesan tiket secara daring melalui aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus).

Jaketbus diluncurkan pertama kali secara pada Kamis (31/12/2020) oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Iklan

 

Dalam hal ini, Menhub Budi menjelaskan, aplikasi Jaketbus merupakan proyek percontohan (pilot project) yang dilaksanakan pada Terminal Terpadu Pulo Gebang.

 

Hal tersebut merupakan sesuai dengan arahan dari Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara Elektronik yang mengamanatkan penjualan tiket secara elektronik di Terminal Terpadu Pulo Gebang sebagai contoh bagi seluruh terminal-terminal yang lain agat kedepannya dapat menerapkan sistem ini.

“Naik bus dari Pulo Gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing. Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya kemana, busnya apa, dimana naiknya. Ini lompatan yang luar biasa, terima kasih Pak Wagub DKI dan juga Bank Indonesia untuk kolaborasinya, karena ini bisa pakai e-wallet,” tutur Menhub Budi.

 

Budi Karya sendiri langsung memberikan tugas kepada Dirjen Perhubungan darat agar hal tersebut dapat segera diterapkan di seluruh kota di Indonesia. Selain caranya yang efisien dan mudah, cari ini juga bisa mengurangi tingkat penularan virus corona karena tidak adanya kontak secara langsung.

 

Perlu diketahui ditahun – tahun sebelumnya pada 2018, terminal terpadu Pulo Gebang telah meningkatkan pelayanan angkutan bus yang bernama “SIGOBANG” (Sistem Integrasi Terminal Pulo Gebang) untuk mendukung Terminal Operating System serta memonitor ketersediaan bus dan jadwal keberangkatan dan kedatangan secara real time.

BACA JUGA  Wagub Minta Duta Forum Pelajar Indonesia, Beri Yang Terbaik Untuk NTB.

Untuk aplikasi “Jaketbus” dapat diunduh diponsel melalui Google Play Store atau App Store

Dengan aplikasi Jaketbus, sistem pembayaran tiket dapat dilakukan secara e-wallet, transfer bank, ataupun melalui minimarket. Selain itu, Menhub berharap agar sistem tiket secara daring ini dapat juga tersambung dengan sistem-sistem lainnya yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Saya mengharapkan bahwa sistem ini tidak sendiri. Sistem ini harus disambungkan dengan sistem-sistem yang lain. Katakan Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian BUMN sedang membuat Jaklingko atau lainnya. Oleh karenanya, kita memang harus melakukan suatu sinergi, dan sinergi ini pasti akan memberikan kepuasan pelanggan,” katanya