KETIKA PENDIDIKAN,SEKOLAH, DIKAITKAN AGAR DAPAT DI PERCAYA

0
150
banner post atas

Oleh :Rizwansyah

Dalam hal ini ,kita harus pahami apa itu pendidikan?, dan apa kaitannya dengan Sekolah? .Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
*Apa itu pendidikan ?
*Apa itu sekolah ?
*Apa kaitan pendidikan dengan sekolah?
Jika tidak sekolah apakah tidak berpendidikan ?
Jika semuanya sudah terjawab maka kita dapat narik kesimpulan agar dapat di percaya .
Saya akan mulai jawab pertanyaan di atas dari sumber terpercaya .
1. Apakah itu Pendidikan?
Menurut Wikepedia , Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. … Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”.
2. Apakah itu Sekolah?
Menurut Wikepedia Sekolah adalah lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru.
3. Apakah kaitan Sekolah dengan pendidikan?
Kaitan sekolah dan pendidikan adalah Sekolah sebagai sarana atau media dari pembelajaran ilmu pengetahuan untuk para siswa dan plusnya ketika kita sekolah adalah kita dapat legalitas atau yang lebih di kenal dengan ijazah .
4. ketika tidak sekolah apakah tidak berpendidikan?
Belum tentu ketika tidak sekolah tidak berpendidikan, karna ilmu pengetahuan itu sangat luas, dan tidak harus di cari lewat sekolah .Mengutip dari kalamnya Ki Hajar Dewantara 🙁 Semua orang bisa menjadi guru ,semua tempat bisa menjadi sekolah ,dan semua suasana bisa menjadi pelajaran ).Maka dari itu kita tidak dapat mengukur pendidikan orang dari jenjang apa mereka sekolah. Seperti yang saya katakan diatas bahwa sekolah hanya sarana mendapat legalitas .Karna belum tentu mereka yang sekolah akan memiliki pengetahuan yang sama .karna memang otak kita memiliki bidang masing-masing .Semuanya kembali kepada pribadi masing masing , jika ia berhenti sekolah,apakah ia berhenti mencari ilmu pengetahuan ?.jika jawabannya “ia” maka secara otomatis ilmu yang dia dapatkan selama bersekolah saja,tetapi jika jawabannya “tidak” ,dan ia terus mencari pengetahuan menambah wawasan maka ia juga termasuk orang yang berpendidikan. karna sesungguhnya esensi dari ilmu pengetahuan itu tidak akan pernah habis,semakin kita gali semakin banyak airnya ,ibaratnya seperti sumur.
Oleh karnanya kita harus paham supaya tidak menjustifikasi orang ketika tidak sekolah maka tidak akan di percaya ataupun lebih lebih di kaitkan dengan kesuksesan .
Saya berikan contoh orang yang tidak sekolah sampai gelar sarjana tetapi di percaya .Dalam tulisan ini saya mengambil pelajaran dari seorang tokoh publik yaitu mantan menteri kelautan dan perikanan bu Susi Puji Astuti ,Beliau cuman tamat SMP tetapi bisa menjadi menteri karna memang beliau tidak menjadikan jenjang sekolahnya untuk tidak dapat berkarya .Beliau sadar akan bidang yang beliau mampu ,lalu beliau merencanakannya dan mengeksesekusi maka semuanya jalan dan sukses sampai menjadi menteri .
Maka dari itu kepercayaan tidak di tentukan oleh sejauh mana kita sekolah, tetapi yang mereka lirik dari kita adalah karya ,dedikasi ,dan kontribusi kita ,bukan dari legalitas ijazah kita . Percuma kita sekolah tinggi dari SD sampai SMA dapat rangking satu dan saat di perguruan tinggi dari S1 sampai Doktor IPK 4,0 ,tetapi nihil karya .ilmu pengetahuan yang kita dapatkan hanya untuk pribadi tidak ada dedikasi kita untuk masyarakat banyak .Maka berhentilah menjustifikasi orang untuk menentukan mereka dapat di percaya dan sukses dari sekolah mereka . Di era sekarang ini hanya 20% penunjang dari segi ijazah, yang 80% itu di tentukan oleh skill dan cepatnya menjemput peluang .
Jadi mari sama sama pahami !!!!.