Kecamatan Sikur,Memiliki Potensi Besar Dalam Sektor Pariwisata,Kerajinan dan Pertanian Peternakan.

Foto : Lalu Putra,S.Sos,M.AP ( Camat Sikur)
banner post atas

Sinar5newscom –Lombok Timur – Camat Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Lalu Putra,S.Sos,M.AP mengatakan wilayah Kecamatan Sikur yang terdiri dari 14 Desa memiliki potensi Desa maing-masing yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ditengah situasi pandemic Covid-19 ini.

“Kecamatan sikur ini memiliki potensi yang cukup besar, dan inilah sekarang yang sedang kami kembangkan. Dimana pada Desa-Desa yang ada diwilayah utara seperti Desa Tetebatu,Tetebatu Selatan,Kembang Kuning dan Desa Jeruk Manis kita jadikan Desa wisata. Desa yang berada diwilayah tengah kami akan setting menjadi Desa Industri dan Kerajinan dan untuk Desa yang berada diwilayah selatan seperti Desa Darmasari kita akan jadikan Desa Pertanian dan Peternakan,” ungkap Lalu Putra.

Dikatakannya potensi itu akan ditumbuh kembangkan menjadi penopang ekonomi masyarakat,lebih-lebih saat ini sedang ada upaya untuk memperkuat BUMDes, karean BUMDes itu pola kerjanya adalah dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Iklan

“Kita kan mengetahui bahwa kategori Desa itu kan ada tiga yakni Desa Berkembang,Desa Maju dan Desa Mandiri. Dan sekarang menurut data indek Desa, dikecamatan sikur ini tercatat ada 12 Desa berkembang dan 2 Desa Maju yakni Desa Kotaraja dan Desa Sikur,”katanya.

Untuk membangun Kecamatan Sikur, menurut L.Putra dimulai dari bagaimana merupah pola pikir atau Mainset masyarakat terutama dalam kegiatan perekonomian, karena sesuai dengan Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, memberikan peluang kepada masyarakat untuk mandiri sangat besar,karena disupport oleh penganggaran.

“Banyak masyarakat yang terpelajar bahkan yang sudah sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Ini yang perlu disupport sehingga tidak mesti mereka menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) saja. Tetapi mereka kita bina menjadi Wiraswastawan yang sukses dibidang-bidang pertanian peternakan sebagai potensi Desa yang cukup menjanjikan, seperti yang ada di Desa Darmasari, dimana di Desa tersebut pemudanya sudah sukses mengembangkan usaha dibidang pertanian dan peternakan,”ujarnya.

BACA JUGA  Siang ini Rombongan NW Jakarta dan NW Bogor Berangkat Menuju Ponpes Al-Halimiyah Kuningan

Untuk itu Lalu Putra bersama Pemerintahan Desa, terus berinovasi dan berkreasi untuk membina kelompok-kelompok pemuda dan terpelajar itu, agar bersemangat untuk menekuni usahanya, sehinga pihaknya akan terus memperbanyak pelatihan-pelatihan, mencarikan akses permodalan dan mencarikan solusi pemasaran hasil kerja mereka.

Ditambahkannya keberhasilan kelompok pemuda Desa Darmasari yang membuat usaha dibidang pertanian dan peternakan, telah diakomodir oleh BUMDes setempat untuk menjadi pensupplay kebutuhan BPNT, seperti kebutuhan telur,daging,kacang-kacangan,beras dan lainnya.   

Sehingga terjadi simbiosis mutualisme antara Pemerintahan Desa,BUMDes dan Kelompok Usaha Pemuda dan masyarakat yang pada akhirnya secara ekonomis saling menguntungkan dan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat Desa tersebut. Karena uang akan berputar di Desa itu sendiri, sesuai dengan prinsip BUMDes dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat Desa itu sendiri.(Bul)