Kabag.Ekonomi M.Azlan: BUMD Kita Menunjukkan Neraca Keuangan Yang Positif.

banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Daerah kabupaten Lombok Timur, Muhammad Azlan menyampaikan semua Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) yang ada saat ini sudah menunjukkan kinerja yang baik. Karena hampir semuanya sudah menunjukkan Neraca Keuangan yang positif. demikian disampaikannya kepada wartawan diruang kerjanya.Kamis(05/03/2020).

Azlan menambahkan keberadaan BUMD ini adalah merupakan amanat UU No.23 tahun 2014 disana dijelaskan bahwa Pemerintah daerah boleh mendirikan BUMD dan di pasal 343 disebutkan implementasi dari pengelolaan BUMD yang baik itu harus diawali dengan penerapan GCG(Good Coorforate Goverment) atau Tata Kelola Perusahaan yang baik.

“Berkaitan hal tersebut selama tiga hari ada asistensi penerapan GCG dimasing-masing BUMD kita dimana Pemda Lombok Timur bekerjasama dengan BPKP Provinsi NTB. Autput yang kita harapkan adalah peraturan Bupati tentang penerapan GCG pada masing-masing BUMD,” Ungkap Azlan.

Iklan

Ia juga menambahkan menurut hasil analisa dari BPKP penerapan GCG pada BUMD kita masih rendah, ada parameter-parameter yang diisi melalui Scor Card assessment yang diisi oleh BUMD seperti penandatanganan Fakta Integritas pada saat pelantikan jadi pimpinan BUMD, laporan keuangan disajikan tepat waktu,transparansi,akuntabel dan lain sebagainya.

Dan kami dari Bagian Ekonomi yang melakukan pembinaan terhadap BUMD kita ini, memang sudah ada BUMD kita ini yang sudah melaksanakan Good Coorforate Government(GCG) dengan baik karena langsung diawasi oleh OJK(Otoritas Jasa Keuangan) sepert PT.Selaparang Financial dan Perbankkan kita.

“Sedangkan BUMD kita yang lain seperti Selaparang Energi dan Selaparang Agro, sebenarnya sudah mulai juga menerapkan GCG itu tetapi belum terdokumentasi dengan baik atau masih berada dibawah standar,” Imbuhnya.

Azlan juga menggambarkan keberadaan BUMD kita ini sudah berjalan bagus walaupun belum bisa memberikan profit yang maksimal, karena keberadaannya bukan semata untuk tujuan profit oriented tapi ada juga yang diutamakan terutama pelayanan yang baik kepada masyarakat.
“Tidak semua BUMD kita yang pokus utamanya pada profit atau keuntungan semata, tetapi juga ada yang tujuannya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, seperti PDAM.

BACA JUGA  Kepedulian IANW Ikatan Alumni Nahdlatul Wathan Jakarta Cabang Bekasi dalam Membantu Korban Kebanjiran

Memang disatu sisi harus bisa menghasil PAD tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah melayani masyarakat agar terpenuhi kebutuhan airnya, karena air ini sangat erat hubungannya dengan kehidupan,” Paparnya.

Sementara itu terkait BUMD Agro Selaparang dan Selaparang Energi yang dikabarkan terus merugi. Azlan mengatakan hal itu tidak benar karena BUMD tersebut menunjukkan Neraca Keuangan yang positif, karena saat ini sudah bisa menunjukkan keuntungan.

“Dari Neraca Keuangan Selaparang Energi per 31 januari 2020 memperoleh keuntungan Rp.86.705.000, dan untuk Selaparang Agro Rp.105.125.000 dan ini adalah keuntungan per satu bulan,” Ungkap Kabag.Ekonomi M.Azlan.(Bul)