Joe Biden Resmi Duduki Bangku Presiden As Ke – 46

banner post atas

Sinar5news.com – Washinton DC – Pemilu yang dilaksanakan di Negara Amerika Serikat telah berakhir dan suara terbanyak berhasil didapat oleh Joe Biden. Rabu, (20/1/2021) Pukul 11:30 waktu setempat yang berlangsung di West Front Gedung Capitol AS, Washington DC.

Massa jabatan yang akan ia emban adalah selama 4 tahun kedepan. Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

 

Iklan

Melansir melalui laman resmi CBS News menyebut Alkitab itu juga digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS tahun 2009 dan 2013 lalu.

“Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Jadi tolonglah saya, Tuhan,” ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Selama proses pelantikan tersebut dilakukan sangat terbatas mengingat masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Pelantikan ini dihadiri secara terbatas oleh anggota Kongres AS dan tiga mantan Presiden AS, yakni Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama, yang didampingi istri masing-masing.

Presiden Donald Trump tidak menghadiri pelantikan ini. Namun Mike Pence, wakilnya, menghadiri pelantikan Biden dengan didampingi istrinya, Karen.

BACA JUGA  Hikmah Pagi : KISAH SANG TAKDIR DAN LOGIKA.