HIKMAH PAGI :TEORI PROSES DALAM KEHIDUPAN

banner post atas

By: Hipzon Putra Azma

Akan selalu ada ujian dalam kehidupan. Kehidupan yang sehat adalah kehidupan yang selalu mengalami peningkatan dari hari ke hari. Bahkan dalam agama Islam dikenal konsep “hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini.” Konsep tersebut tentu tidak hanya diterapkan dalam keadaan tertentu tetapi konsep tersebut bisa diterapkan dalam semua lini kehidupan.

Dalam kehidupan sosial masyarakat, ekonomi, sosial budaya, sejatinya selalu mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik. Pada dasarnya, ujian dilakukan untuk melihat sejauh mana capaian seseorang atas suatu konsep kehidupan, apakah ia mampu menggapai kesuksesan atas konsep itu ataukah gagal karena keadaan tertentu, karena pada dasarnya, tidak ada konsep gagal dalam hidup ini, yang ada adalah keberuntungan yang belum berpihak.

Iklan

Oleh karenanya, mencoba, mencoba, dan mencoba merupakan kalimat yang tiada akhir. Terkait kesuksesan dan kegagalan, sudah terlalu banyak teori yang memberikan konsep akan hal demikian.

Suatu konsep kehidupan terkait kesuksesan yaitu “segala sesuatu dipandang sebagai suatu proses bukan hasil.” Jika konsep tersebut diterapkan dalam kehidupan, tentu yang menjadi pointnya adalah prosesnya dan bukan hasilnya. Itu artinya, bahwa segala sesuatu tergantung pada proses, selama prosesnya benar maka hasilnya pun akan benar, selama prosesnya baik maka hasilnya pun baik, selama prosesnya sungguh-sungguh maka hasilnya memuaskan.