-HIKMAH PAGI- PHLO SHOPIA “IKHWAN ASH SHAFA”

-HIKMAH PAGI- PHLO SHOPIA “IKHWAN ASH SHAFA”

Ikhwan ash shafa ( Persaudaraan Suci) merupakan organisasi rahasia yang didasarkan atas dasar persaudaraan. Organisasi ini bekembang di Bashrah pada tahun 870 M atau abad ke 4 H/10 M. kelompok  Ikhwan ash shafa terdiri dari empat kelompok dimana masing-masing kelompok dibagi berdasarkan usia.

Kelompok pertama Ikhwan al-Abrar ar-Ruhama, yakni berusia 15-19 tahun. Kelompok ini merupakan kelompok paling bawah dalam gerakan Ikhwan ash shafa yang masih tergolong dalam kelompok pembelajar. Kelompok kedua Ikhwan ash shafa adalah kelompok Ikhwan al-Akhyar al-Fudhala yang berusia 30-40 tahun. Golongan ini berfungsi sebagai guru. Ketiga adalah kelompok Ikhwan al-Fudhala al-Kiram yang berusia 40-50 tahun. Keempat adalah kelompok al-kamal yakni berusia di atas 50 tahun.

Bagi golongan Ikhwan ash shafa, filsafat itu bertingkat-tingkat. Pertama-tama cinta kepada ilmu, kemudian mengetahui hakikat wujud-wujud menurut kesanggupan manusia, dan yang terakhir ialah berkata dan berbuat sesuai dengan ilmu. Mengenai lapangan filsafat, maka dikatakannya ada empat yaitu matematika, logika, fisika, dan ilmu pengetahuan. Ikhwan ash shafa menjadikan filsafat bukan pada posisi yang berseberangan dengan agama. Namun keduaya, mereka posisikan dalam posisi yang linear.

Bagi Ikhwan ash shafa akal menempati posisi yang sangat tingga. Bahkan pada tingkatan tertentu mereka menempatkan akal di atas wahyu.

09 November 2020

Hipzon Putra Azma

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA