-HIKMAH PAGI- PHILO SHOPIA “ARNOLD TOYNBEE”

banner post atas

Arnold Toynbee lahir pada 14 April 1889 M di London dan meninggal pada tanggal 22 Oktober 1975.  Tokoh yang memberikan andil dalam pemikiran Arnold Toynbee adalah Ibnu Khaldun dan Oswald Spengler.

Menurut Arnold Toynbee gerak sejarah tidak memiliki hokum tertentu yang menguasai dan mengatur timbul tenggelamnya kebudayaan- kebudayaan dengan pasti. Menurutnya, gerak sejarah berjalan menurut tingkatan-tingkatan yaitu lahirnya kebudayaan, perkembangan kebudayaan, runtuhnya kebudyaan, kemerosotan kebudayaan, kehancuran kebudayaan dan hilang dan lenyapnya kebudayaan.

Pertumbuhan dan perkembangan suatu kebudayaan digerakkan oleh sebagian kecil dari pemilik kebudayaan. Jumlah kecil itu menciptakan kebudayaan dan jumlah yang banyak (mayoritas) meniru kebudayaan tersebut.

Iklan

Tanpa minoritas yang kuat dan dapat mencipta, suatu kebudayaan tidak dapat berkembang. Apabila minoritas lemah dan kehilangan daya mencipta, tantangan dari alam tidak dapat dijawab lagi. Apabila minoritas menyerah, mundur, pertumbuhan kebudayaan tidak ada lagi.

11 November 2020

Hipzon Putra Azma

BACA JUGA  Kapolri Kunjungi Mabes TNI AD Perkuat Sinergitas Dan Soliditas TNI-Polri