-HIKMAH PAGI- GAGASAN SEBAIKNYA DIREALISASIKAN

Hikmah
Hikmah
banner post atas

Dalam kehidupan yang serba kompleks ini, sudah menjadi suatu keharusan dengan yang namanya “ide/gagasan” menuju arah yang lebih baik sesuai dengan harapan dan kenyataan. Meskipun antara kenyataan dan harapan tidak selamanya seirama dalam kehidupan.

Gagasan menuju arah yang lebih baik, tentu tidak akan menjadi nyata jika hanya menjadi gagasan itu sendiri. Sebaiknya gagasan itu dituangkan dalam kenyataan (direalisasikan) dalam kehidupan. Karena sebagus apapun konsep atau gagasan tersebut, tidak akan berbuah apa pun jika tidak direalisasikan dalam kehidupan. Bahkan banyak orang yang memiliki gagasan super cemerlang, mengagumkan, dan menjanjikan, namun gagasan tinggal gagasan jikalau tak mampu direalisasikan. Lalu, mengapa gagasan yang mengagumkan itu tidak mampu di direalisasikan ??

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu banyak faktor yang membuat gagasan itu hangus ditelan waktu, diantaranya adalah prosedur yang tidak mendukung, perizinan yang lambat, bahkan birokrasi yang carut marut. Dalam pengamatan pribadi saya, ternyata memang ada orang yang hanya mampu “membuat gagasan” (tidak bisa merealisasikan dan mengevaluasi), ada pula orang yang hanya mampu “merealisasikan gagasan” (tidak bisa membuat gagasan dan mengevaluasi), dan ada pula orang yang hanya mampu “mengevaluasi gagasan” (tidak mampu membuat gagasan dan mengevaluasi).

Iklan

Itulah mengapa diperlukan kerjasama antara yang mampu membuat gagasan, yang mampu merealisasikan gagasan, dan yang mampu mengevaluasi gagasan agar tercipta harmoni dalam kehidupan.

29 Oktober 2020

Hipzon Putra Azma

BACA JUGA  Prof Dr H Agustutin ; IBADAH QURBAN MERUPAKAN TRANSFORMASI NILAI NILAI TRASIDENTAL