Hikmah Pagi : Amal Taqwa Dalam Kehidupan

Hikmah Pagi : Amal Taqwa Dalam Kehidupan

*”Wahai manusia, Sembahlah Tuhanmu yang menciptakan kamu dan juga orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”*

👉 Pengertian Taqwa secara Terminologi adalah takut kepada Allah berdasarkan kesadaran dengan cara mengerjakan segala perintah-Nya dan tidak melanggar dengan cara menjauhi segala larangan-Nya serta takut terjerumus dalam perbuatan dosa.🌿

👉 Mengambil nasehat dari salah satu sahabat Rasulullah saw, yang mengatakan bahwa orang yang bertaqwa kepada Allah itu mempunyai empat sifat yang utama. Bilamana empat sifat orang bertakwa ini terdapat pada diri seseorang, maka dia dapat dikatakan mencapai derajat muqarrabin atau dekat dengan Allah 🌷

✍️ Sifat pertama, *Al-Khaufu minal-Jalil*, yakni manusia yang merasa takut kepada Allah swt yang mempunyai sifat Maha Agung. Berapa banyak dari kita yang benar-benar takut kepada Allah? Berapa banyak dari kita yang sadar bahwa Allah tahu semua gerak-gerik kita? bahwasanya ada dua malaikat di kiri kanan kita yang senantiasa mencatat semua perbuatan kita?

Bahkan rasanya pencuri saja lebih takut dilihat CCTV daripada dilihat aparat hukum, bagaimana pula jika dibandingkan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala? Seringkali kita lebih takut ketauan orang lain padahal Allah selalu terjaga dan tidak pernah tidur. Astaghfirullah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak tampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar”. (Al Mulk 12)

✍️ Sifat Kedua, *Al-‘Amalu bi At-Tanzil*, manusia yang beramal dengan apa yang diwahyukan oleh Allah swt. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (Ibrahim 7)

BACA JUGA  Prof Dr Harapandi : Diam bukan “nganggur”.
BACA JUGA  Doa Hari Ini Kamis 20 Agustus 2020

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak”. (HR Ahmad)

Rezeki kita cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, tapi tidak akan pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup kita

✍️ Sifat ketiga, *Ar-Ridha bil-Qalil*, merasa cukup dan ridha dengan pemberian Allah swt, meskipun hanya sedikit. “Orang yang berpuasa harus bersyukur atas nikmat pemberian Allah, walaupun hanya sedikit.”

Syukur adalah kunci keberkahan dari karunia Allah. Nilai berkah diumpamakan sebagai satu tangkai yang mampu mengeluarkan banyak biji dan buah. Dan dari satu tangkai mampu mengenyangkan ruang perut manusia yang banyak.

✍️ Sifat Keempat, *Al-Isti`dadu li Yaumir-Rahil*, yaitu sentiasa mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian dan kembali menghadap Allah. Allah swt, berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Al Hashr 18)

👉 Bilamana empat sifat orang bertakwa itu ada pada diri seseorang, maka dia dapat dikatakan mencapai derajat muqarrabin (dekat dengan Allah).🙏

Wallahu a’lam bish-shawab (ragil)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA