Hal-hal yang membuat Ramadhan-mu berlalu begitu saja

banner post atas

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar umat Islam,begitu juga di indonesia.Masyarakat kita seringkali mengisi moment-moment Ramadhan dengan berkumpul bersama keluarga,teman,dan lain lain.

Selain itu di bulan Ramadhan seyogianya kita isi dengan memperbaiki diri dan meningkatkan nilai spiritual dalam diri kita.
Namun bisa jadi bulan Ramadhan terasa begitu cepat yang membuat bulan ini berlalu begitu saja tanpa kita sadari,sedangkan kita melewatinya tanpa ada kesan dan hasil yang telah kita usahakan di bulan ini.

Berikut ini merupakan 4 hal yang membuat Ramadhan-mu terasa cepat berlalu:

Iklan

1.Terlalu Banyak Tidur

Tidur adalah kebutuhan semua orang,setiap dari kita membutuhkan tidur. Ketika kita lelah dan mengantuk,tidur adalah suatu obat yang membuat badan kita menjadi fit dan segar ketika kita bangun.Namun ketika kita terlalu banyak tidur di bulan Ramadhan,guna mempersingkat waktu berpuasa,itu membuat hari-hari kita terlewat begitu saja dan tidak meninggalkan kesan yang berarti.

2.Keseharian tidak diisi oleh hal-hal Produktif

Bulan Ramadhan juga seharusnya banyak di isi dengan melakukan hal-hal Produktif. Ketika kita mengisi keseharian dibulan Ramadhan dengan hal-hal yang tidak produktif,seperti halnya terlalu banyak bermain game,kumpul-kumpul tanpa tujuan yang jelas,hal tersebut membuat Ramadhan kita terasa tak berarti.Dengan banyak melakukan hal produktif,sekiranya hal tersebut membuat Ramadhan kita lebih berarti.

3.Tidak Melaksanakan hal-hal yang ada pada bulan Ramadhan

Banyak hal yang ada ketika dibulan Ramadhan,seperti halnya sholat Tarawih,tadarus Al-Quran, iqtikaf di masjid, dan masih banyak lagi.walaupun hal-hal tersebut bukanlah hal wajib,namun sekiranya kita tidak melakukan hal-hal tersebut,Ramadhan akan sama seperti di bulan lainnya,dan tidak berbekas pada diri kita.

4.Kita tidak mengharapkan berkah Ramadhan


Ramadhan adalah bulan beribu berkah,seyogyanya dibulan yang penuh berkah ini,kita mengharapkan keberkahan bulan Ramadhan yang begitu besar,dengan mengisi keseharian dengan hal hal positif,yang dapat membuat diri kita semakin baik lagi di kemudian hari. Sangat disayangkan apabila kita sebagai umat Islam tidak mengharapkan keberkahan pada bulan ini.

BACA JUGA  Hikmah Pagi :Muharam awal tahun baru Hijriah

Itulah hal-hal yang membuat Ramadhan-mu terasa begitu cepat dan tidak meninggalkan bekas yang berarti pada diri kita. Bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi diri kita, kesempatan untuk memperbaiki diri,kesempatan untuk bersatu dalam kebersamaan,dan kesempatan untuk meraih berkah pada bulan ini,maka setidaknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Mari kita gunakan kesempatan di bulan Ramadhan ini,dan jangan lupa #DirumahAja untuk menghentikan penyebaran dari wabah virus Covid-19.

(Manpaszh)