H.M.Syamsul Luthfi, Gelar Bimtek Untuk Peningkatan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif. 

H.M.Syamsul Luthfi, Gelar Bimtek Untuk Peningkatan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif. 

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Anggota Komisi X DPR RI dari Partai NasDem, Dapil II Pulau Lombok, H.M Syamsul Luthfi,SE,M.Si menghadiri Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) untuk para pelaku usaha ekonomi kreatif Lombok Timur (Lotim) bertempat di Sembalun, Kecamatan Sembalun. Kabupaten Lotim. Selasa (02/08/2022).

Foto: H.M.Syamsul Luthfi,SE,M.Si (Anggota DPR RI Komisi X Dari Fraksi Partai NasDem Dapil II Lombok NTB)

Dalam sambutannya H.M.Syamsul Luthfi (HMSL) mengatakan, bimtek ini diselenggarakan sebagai upaya membangkitkan dan meningkatkan kapasitas perekonomian para pelaku usaha ekonomi kreatif.

“Bimtek ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di Lombok Timur yang pelan tapi pasti akan menunjukkan dirinya sebagai salah satu daerah yang menjadi tujuan destinasi wisata di pulau Lombok,” ucapnya.

Foto: Peserta Bimtek Ekonomi Kreatif Lombok Timur.

Ia juga menyampaikan, pelaku wisata Lombok Timur tidak boleh ketinggalan, sehingga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus terus berbenah baik peningkatan kualitas SDM maupun pelaksanaan event-event wisata di daerah. 

Karena itu diharapkan akan mempunyai nilai tambah bagi pendapatan ekonomi masyarakat

“Saat ini kita berada ditengah pasca Covid-19 yang sangat memukul perekonomian kita, maka pelatihan seperti ini, saya anggap sangat penting dan strategis untuk di lakukan, karena usah-usah seperti ekonomi kreatif inilah yang akan menjadi tulang punggung perekonomian daerah ditengah era globalisasi sekarang ini,” ujarnya.

Begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat Luthfi mengajak para pelaku ekonomi kreatif di daerah harus menyesuaikan diri.

Sehingga harapannya kedepan, pelaku ekonomi kreatif di kabupaten Lombok Timur dalam menyongsong peningkatan daerah bisa menjadi lebih maju dimasa yang akan datang.

“Pemerintah harus berkolaborasi dengan pelaku pariwisata. Hal itu sangat penting, karena seluruh stakeholder yang bergerak di ekonomi kreatif dan pariwisata perlu bersinergi dengan yang lain, tidak boleh ada egosektoral,” tegasnya.

Bimtek ini, merupakan langkah yang kuat dan tak terpisahkan dari promosi potensi ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Lotim. Potensi tersebut merupakan salah satu kekuatan Lombok Timur dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Ekonomi kreatif berpeluang membuka lapangan kerja yang cukup luas. Sehingga pemerintah bergerak dengan cepat dengan mengadakan pelatihan SDM untuk sektor tersebut melalui program bimtek 

Bimtek ini diberikan agar pelaku ekonomi kreatif di Lombok Timur siap tampil kembali dan bangkit dalam perekonomian pasca Vandemi Covid-19. Sehingga kita siap dan semangat untuk menghadapi tantangan menuju ekonomi kreatif berkelas dunia.

“Itulah pentingnya pelatihan ekonomi kreatif, baik yang sifatnya kuliner, barista, hendicraft dan lain sebagainya harus terus menerus kita lakukan,” harap Luthfi.

di jelaskan pula bahwa kemampuan para pelaku ekonomi kreatif di Lombok Timur tidak kalah dibanding daerah yang lain. 

“Mereka hanya butuh sentuhan pembinaan, akses permodalan, dan itu semu tugas dan tanggung jawab bersama, tidak hanya tugas Kemenkraf, namun ada juga Kementrian Koperasi dan UMKM, serta semua lembaga yang membina usaha kecil dan menengah, harus bersinergi dengan baik sehingga semua kendala yang berkaitan dengan ekonomi kreatif bisa terselesaikan dengan baik,” pungkasnya.(red)

 

 

 

 

 

 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA