Dua Hari Diguyur Hujan, Tanggul di Lamongan Jebol

Dua Hari Diguyur Hujan, Tanggul di Lamongan Jebol

Sinar5news.com – Lamongan – Hujan deras yang terjadi sejak sabtu hingga minggu di wilayah Lamongan yang berdampak pada tanggul sungai desa menjadi jebol. Bahkan tidak hanya tertuju pada satu titik, melainkan sebanyak tiga titik tanggul sungai telah jebol.

Melansir melalui laman resmi detik, Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin membenarkan peristiwa jebolnya tanggul desa tersebut. Muslimin menyebut tanggul yang jebol tersebut adalah tanggul Sungai Mengkuli yang ada di Dusun Doro Gede, Desa Gedangan, Sukodadi pada Minggu (13/12/2020).

“Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan debit air sungai meningkat sehingga mengakibatkan tanggul jebol,” kata Muslimin pada wartawan, Minggu (13/12/2020).

Dalam hal tersebut, Muslimin kembali menjelaskan bahwa terdapat tiga titik tanggul sungai yang jebol. Masing-masing dari tanggul yang jebol itu rata-rata berdiameter kurang lebih 20 hingga 25 meter.

Dampak dari jebolnya tanggul ini mengakibatkan luapan airnya merendam area lingkungan persawahan yang ada di Dusun Doro Gede, Desa Gedangan, Kecamatan Sukodadi dan areal persawahan yang ada di Desa Rancang Kencono, Kecamatan Lamongan.

“Luberan air juga merencam jalan penghubung antara Dusun Doro Gede dan Desa Rancang dengan panjang kerusakan lebih kurang 20 meter,” terangnya.

Pihak BPBD Lamongan telah berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat dan juga telah mengirimkan bahan material banjiran untuk membantu warga membendung tanggul yang jebol berupa gedek guling, bongkotan dan juga terpal.

“Kami juga mendatangkan alat berat untuk mengatasi tanggul yang jebol tersebut,” ujar Muslimin seraya menambahkan kalau tidak ada korban jiwa dari peristiwa jebolnya tanggul ini

BACA JUGA  Muslimat NWDI Jakarta Bangun Kebersamaan Dengan Berkarya Di Hari Pramuka

Baca Selanjutnya

BACA JUGA  Jokowi Membuka Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA