Diterjang Hujan dan Angin Kencang, Ponpes Rahmatan Lil’alamin di Sumbawa Rusak Parah

banner post atas

GerbangIndonesia, Sumbawa – Hujan derar disertai angina kencang melanda Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menimpa Tiga kecamatan diantaranya, Alas, Alas Barat dan Buir, salah satu Pondok Pesantren di Sumbawa Rusak Parah. Senin (9/11).

Kepala Desa Gontar Baru, Ustadz Arifin menjelaskan kronologis kejadiannya menyampaikan hujan dan angina kencang terjadi sekita pukul 15.00 menjelang asar, berawal dari awan hitam pekat mengelilingi Sumbawa secara umum dan khususnya di Kecamatan Alas Barat, dalam waktu singkat turun hujan dan angina kencang yang mengakibatkan atap-atap rumah warga terbang dan melayang.

“Pondok Pesantren Rohmatan Lil-Alamin, tempat Santri Yatim dan Dhu’afa Penghafal Al-Qur’an menimba ilmu terkena musibah hari ini. Pondok yang menggratiskan santrinya untuk belajar ilmu agama saat ini musholla, asrama, kamar mandi santri dan fasilitas lainnya rusak parah,” Jelas Ustadz Arifin yang juga Pimpinan Pondok Pesantren tersebut yang beralamatkan di Dusun Pabrik, Desa Gontar Baru kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa.

Ia menambahkan dari Pemerintah Desa Gontar Baru setempat melakukan upaya penanganan darurat seperti evakuasi warga, membuatkan tenda dan beberapa bahan makanan.

“Di Kecamatan Alas Barat tercatat sekitar 97 unit dan di Desa Gontar Baru sekitar 30 rumah warga yang mengalami rusak parah. Sehingga kami lakukan galang donasi untuk warga mengingat dana desa sudah tidak memungkinkan karena sudah banyak dianggarkan untuk penanganan Covid-19 ” ungkapnya

Disisi lain, pemerintah daerah telah mengingatkan warga untuk mematikan aliran listrik saat hujan ataupun bajir sehingga tidak ada warga yang berisiko terkena arus pendek.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi dampak bencana yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Sumbawa.

Donasi terbaik dapat disalurkan melalui Pemerintah Desa Gontar Baru : BNI 0417310476 atas nama ARIFIN (Kepala Desa Gontar Baru), konfirmasi donasi melalui : +62 811-398-977

BACA JUGA  Polda NTB Bagi Sembako Terhadap Jamaah Tabligh Di Kota Mataram