Diskusi Membuka Pola Fikir

Diskusi Membuka Pola Fikir

Sinar5news.com – Pada hari minggu, 7 April 2024, saya berdiskusi dengan ketua umum HIMMAH NWDI Sawangan Depok (Toni Jagat Galih) di kamar saya sembari ngopi dan berpikir (Ngopikir). Kami berdiskusi terkait siapa saja yang sekiranya cocok menjadi ketua umum organisasi HIMMAH NWDI Sawangan Depok selanjutnya. Saya berpendapat bahwa, yang cocok melanjutkan estafet kepemimpinan adalah orang-orang kita (orang lombok). Alasannya adalah karena orang Lombok lebih mengetahui apa yang harus diperjuangkan. Saya melanjutkan berpendapat, bahwa HIMMAH ini bukan hanya satu organisasi saja, melainkan mempunyai induk atau naungan sendiri yaitu NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyyah. Berbeda dengan organisasi yang lain seperti HMI dan PMII. Mereka (HMI dan PMII) berdiri tanpa naungan organisasi lain di atasnya, sehingga siapapun boleh menjadi ketua umum, karena yang mereka perjuangkan hanya satu organisasi saja. Berbeda dengan HIMMAH, kita tidak hanya memperjuangkan HIMMAH saja, di sisi lain kita juga memperjuangkan NWDI. itulah pendapat saya sebelum bertemu dengan penasehat HIMMAH (TGM. Hasan Asy’ari, QH, ME).

Pada hari selasa, 9 April 2024, saya dan kanda Jagat sowan ke pondok pesantren beliau (TGM. Hasan Asy’ari, QH, ME.) yang bernama “Ma’had Al-Qur’an Fityanul Ulum Cinere” . Kami berdiskusi terkait calon-calon ketua selanjutnya. Kanda Jagat meminta pendapat kepada penasehat HIMMAH sembari menunjuk saya untuk ikut mencalonkan diri sebagai ketua umum selanjutnya. Beliau (TGM. Hasan Asy’ari) menyuruh kanda Jagat untuk menempatkan (saya) di Sekretaris saja. Di situlah saya berpikir bahwa, alasan beliau menaruh saya menjadi sekretaris dan tidak diikutsertakan dalam pencalonan ketua umum adalah untuk memberi ruang atau kesempatan kepada calon-calon lain yang nota benenya orang luar yang masih asing dengan HIMMAH dan NWDI, tetapi mempunyai jiwa juang untuk membesarkan organisasi HIMMAH NWDI ini.

Dari situlah pola pikir saya berubah, bahwa semua orang berhak untuk memimpin HIMMAH NWDI ini dari manapun asalnya. Yang penting, mereka mempunyai jiwa kepemimpinan dan jiwa juang untuk membesarkan organisasi ini.
Selamat berjuang kepada calon-calon pemimpin kita…!!

penulis : KHAIRUL AMRIN (Ketua Bidang Koperasi BEM STAIMI Depok) dan (Kader HIMMAH NWDI Sawangan Depok)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA