Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 93|| edisi Dzulhijjah 1443 H

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 93|| edisi Dzulhijjah 1443 H

MEMASUKI MUHARRAM 1444 H KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM 

Secara bahasa, kata Muharam diambil dari bahasa Arab : مُحَرَّمٌ, bulan pertama dalam kalender Hijriah. Muharam berasal dari kata yang artinya ‘diharamkan’ atau ‘dipantang’, yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Abu ‘Amr ibn Al ‘Alaa berkata, “Dinamakan bulan Muharram karena peperangan(jihad) diharamkan pada bulan tersebut”.

Memperhatikan definisi tentang Muharram di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa bulan Muharram adalah bulan yang suci, kesuciannya terlihat dari tidak dibolehkannya berperang atau mengadakan pertumpahan darah padanya. Kalau saja jihat yang begitu mulia dan sangat dianjurkan dalam agama dilarang untuk dilakukan pada bulan tersebut, lalu bagai mana dengan perbuatan keji dan sejenisnya, tentu sangat dilarang untuk dilakukan pada bulan Muharram. Keharaman ini juga dapat bermakna perbuatan-perbuatan yang secara asalnya telah dilarang oleh Allah Ta’ala memiliki penekanan pengharaman untuk lebih dihindari secara khusus pada bulan ini. Pada bulan ini Allah melarang untuk berperang, seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang kuraisy sebelum datangnya agama Islam. Kaitannya dengan diharamkan melakukan peperangan pada bulan Muharram Allah jelaskan dalam al-quran surat At Taubah :36).

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. at Taubah :36).

Pada ayat di atas Allah menetapkan bahwa jumlah bulan dalam Islam (bulan Hijriah) ada dua belas bulan. Selengkapnya baca disini 👇

BULETIN JUM’AT HAMZANWADI EDISI 93

Pemuda NWDI DKI Jakarta

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA