Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 82 || edisi Syawal 1443 H.

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 82 || edisi Syawal 1443 H.

Sekitar dua Minggu lamanya Ramadhan telah berlalu. Masih teringat bagaimana suasana menahan lapar di siang harinya, masih terbayang bagaimana gembiranya ketika waktu berbuka telah tiba, masih teringat bagaimana semangatnya berangkat ke Masjid untuk menunaikan ibadah shalat tarawih secara berjamaah dan masih terbayang bagaimana semangat tadarrus setelah tarawih, dan masih terngiang bagaimana gembiranya disaat hari lebaran telah tiba. Semua suasana Ramadhan yang telah tersebut diatas sudah berlalu dan tersisa tinggal kenangan di dunia dan hasil amal ibadah puasa di sisi Allah yang maha kuasa.

Begitu dahsyatnya semangat ibadah yang ada di bulan suci Ramadhan, sehingga shalat tarawih yang berjumlah dua puluh rakaat bisa dilakukan dalam satu bulan lamanya dengan perasaan gembira, ditambah lagi dengan shalat lima waktu sehari semalam berjumlah tujuh belas rakaat. Kalau digabung shalat tarawih dengan shalat lima waktu, berarti pada bulan Ramadhannya kaum muslimin melakukan ibadah shalat sehari semalamnya berjumlah tiga puluh tujuh rakaat. Ditambah lagi pada siang harinya tidak makan, tidak minum dan tidak berhubungan badan. Dalam keadaan lapar seperti itu bisa melakukan banyak ibadah, menunjukkan bahwa pada bulan puasa, Allah memberikan semangat yang lebih dalam menjalankan ibadah, sehingga dalam pelaksanaannya terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan.

Ibadah pada bulan puasa memang luar biasa dan patut untuk dijadikan sebagai acuan sampel ibadah pada bulan – bulan yang lainnya. Semangat ibadah yang ada pada bulan Ramadhan sangat baik untuk ditiru dan ditularkan pada bulan yang lain. Ramadhan sudah jelas berlalu. Tapi, semangat ibadah yang ada pada bulan Ramadhan masih ada dan masih bisa untuk dihidupkan pada baulan yang lainnya. Diantara semangat Ramadhan yang sangat baik untuk dilestarikan adalah sebagai berikut :

1. Semangat menjalankan ibadah puasa.
2. Semangat melakukan shalat Sunnat.
3. Semangat dalam membaca Al Qur’an dan
4. Semangat dalma berbagi.

Selengkapnya baca di BULETIN JUM’AT HAMZANWADI EDISI 82

PEMUDA NWDI DKI JAKARTA

Pemuda NWDI DKI Jakarta

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA