Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 34

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 34

MEMAHAMI PERBEDAAN JIHAD DAN TERORISME

Hal yang sangat penting bagi kaum muslimin untuk bisa membedakan secara benar antara jihad dan terorisme. Karena jihad adalah tindakan yang sangat dianjurkan dan sangat mulia dalam agama Islam, sedangkan terorisme adalah sifat yang sangat tercela dan menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya. Adalah sebuah kesalahan besar apabila menyamakan antara terorisme dan jihad sebagai satu bagian yang tidak bisa terpisahkan, karena keduanya sangat memiliki perbedaan yang jelas dan saling bertentangan.

Dari sisi arti, kata jihad dapat dimaknai dengan berjuang atau ikhtiar dengan sungguh-sungguh dalam menegakkan dan menjaga agama Allah sesuai dengan garis-garis perjuangan yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulnya. Sedangkan terorisme merupakan sebuah tindakan yang dibarengi dengan kekerasan untuk menciptakan dalam suatu lingkungan tertentu iklim ketakutan, guna menghasilkan tujuan politik tertentu. Disini dapat dilihat bahwa, dari sisi tujuan sangat memiliki perbedaan yang sangat jauh yaitu : jihad tujuannya akhirat menegakkan kebenaran serta memiliki langkah-langkah yang benar sesuai dengan perintah Allah dan Rasulnya, sedangkan terorisme tujuannya dunia belaka yaitu memenuhi kebutuhan politik. Maka, jika memperhatikan perbedaan yang sangat jauh ini, keduanya tidak bisa dikatakan saling berhubungan dan memiliki kesamaan visi dan misi yang sejalan sehingga disimpulkan bahwa teroris itu benar karena tindakannya termasuk dari gerakan jihad.

Untuk lebih jelas memahami perbedaan antara terorisme dan jihad ada baiknya kita memperhatikan definisi teroris menurut pandangan MUI yaitu tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan peradaban yang menimbulkan ancaman serius terhadap kedaulatan negara bahaya terhadap keamanan perdamaian dunia dan merugikan kesejahteraan masyarakat. Terorisme adalah salah satu bentuk kejahatan yang diorganisasi dengan baik bersifat transnasional dan digolongkan sebagai kejahatan luar biasa yang tidak membedakan sasaran. Sedangkan menurut konvensi PBB tahun 1939, terorisme adalah segala bentuk tindakan kejahatan yang ditujukan langsung kepada negara dengan maksud menciptakan bentuk teror terhadap orang-orang tertentu atau sekelompok orang atau masyarakat luas.

Dari definisi tersebut diatas dapat dipahami bahwa terorisme adalah sebuah kejahatan yang mengancam kedaulatan negara dan melawan kemanusiaan yang dilakukan dengan berbagai bentuk tindakan kekerasan.

Selengkapnya baca disini 👇

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi 31
BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (117) JANGAN BANYAK MENGELUH

http://Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 34

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA