Apel Tiga Pilar Kampung Sehat,Diikuti Forkopimda Lotim.

Foto : Sekda Lotim, Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Jauara I Lomba Kampung Sehat Tingkat Kecamatan,Secara Simbolis.
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Apel Tiga Pilar yang diikuti personel Kodim 1615/Lotim, Polres Lotim dan Satpol PP serta aparatur Pemerintah Daerah Lotim yang dipimpin Sekda Lotim Drs. Juaini Taofik, Dandim Lotim Letkol Inf Agus Prihanto Donny,S.Sos dan Kapolres Lotim AKBP Tunggul Senantrio. Bertempat di halaman depan Kantor Bupati Lombok Timur. Rabu (23/09/2020).

Dandim 1615/Lotim dalam kata sambutannya menegaskan, ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Fokus mencegah penyebaran dan Penularan Corona Viru Disease(Covid-9) ada beberapa hal yang menjadi atensi dan harus dilaksanakan agar terhindar dari Covid-19 yakni pertama, harus tetap berkarya dalam pelaksanaan lomba kampung sehat nurut tatanan baru tingkat kabupaten.

Iklan

Kedua, harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid 19 dimanapun berada. Ketiga, tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, harus meningkatkan imunitas tubuh dengan cara berolahraga dan makan makanan yang bergizi, dan terakhir harus tetap semangat dan berdoa agar terbebas dari Covid-19.

Sedangkan Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio mengatakan,Lombok Timur telah diberikan penghargaan oleh pemerintah Provinsi yang telah melaksanakan penanganan covid-19 yang dinilai terbaik.untuk itu, masyarakat harus terus dipacu, diberikan motivasi sehingga muncullah lomba kampung nusantara yang di tingkat bawah/ breakdown menjadi kampung sehat.

“ ikhtiar yang dilakukan pemerintah, kita telah lakukan sosialiasi. Kurva meningkat, sehingga keluar inpres no 6 tahun 2020 yang di jabarkan dalam bentuk perda dan perbup yang saat ini telah kita jalankan bersama. Penegakannya dilakukan dengan pelaksanaan operasi yustisi,” kata Kapolres

Sementara itu Sekda Lotim Drs.H.M.Juaini Taofik,M.AP mengingatkan kepada Desa yang menjadi juara Penilaian Lomba Kampung Sehat untuk tidak mengadakan acara seremonial penyambutan yang berlebihan, namun bisa digantikan dengan Apel Penilaian 3 Pilar Lomba Kampung Sehat yang menghadirkan aparat desa, anggota BPD dan LKMD, Badan Keamanan Desa, dan posyandu dengan memperhatikan protokol kesehatan.

BACA JUGA  Bupati Perintahkan Semua Jajaranya,Tekankan Protokol Pencegahan Covid-19 Menuju New Normal Life.

“Ada beberapa parameter disiapkan untuk penilaian. Di antaranya untuk parameter bidang kesehatan, setiap kampung harus memiliki posko kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Seperti, harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” katanya.

Usai pelaksanaan Apel Tiga Pilar, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan terhadap 63 desa pemenang lomba kampung sehat tingkat kecamatan yang diwakili oleh masing-masing juara 1 tiap kecamatan.

Diantaranya Kecamatan Sembalun yang Juara I adalah Desa Sembalun Timba Gading,Kecamatan Aikmel Juara I, Desa Kembang Kerang. Kecamatan Lenek – Desa Sukareme,Kecamatan Pringgasel – Desa Timba Nuh, Kecamatan Terara Juara I Desa Terara, Kecamatan Montong Gading – Desa Pesanggrahan, Kecamatan Sikur Juara I Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sakra – Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra Barat yang Juara I Desa Pejaring.

Untuk Kecamatan Sakra Timur – Desa Gelanggang, Kecamatan Keruak – Desa Senyiur, Kecamatan Jerowaru – Desa Suka Damai, Kecamatan Labuhan Haji – Desa Penede Gandor, Kecamatan Selong yang Juara I Kelurahan Selong, Kecamatan Masbagik yang juara I Desa Danger,Kecamatan Suralaga – Desa Dasan Borok, Kecamatan Wanasaba yang juara I Lomba kampong Sehat Desa Wanasaba dan Kecamatan Suela yang Juara I adalah Desa Suela. Kecamatan Pringgabaya – Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Sambelia Juara I Lomba Kampung Sehat Desa Senanggalih.Dan Kecamatan Sukamulia Juara I Lomba Kampung Sehat adalah Desa Sukamulia.(Bul)