MUTIARA HIKMAH (5) 8 ATURAN MENGGUNAKAN HP Oleh : Abu Akrom

0
341
banner post atas

Hidup di dunia ini apapun yang kita lakukan mesti menggunakan aturan yang telah ditetapkan. Karena dengan aturan akan tercipta suasana yang aman, nyaman, rukun, damai dan tertib, serta akan tercapai segala harapan dan cita-cita.

Termasuk menggunkan HP/gadget, mesti menggunakan aturan yang benar agar tidak membawa dampak negatif bagi kehidupan kita. Karena secara umum banyak sekali orang terkena dampak negatif akibat HP ini, diantaranya mata menjadi rabun dan hubungan kepada sesama menjadi kurang harmonis.

Menurut penulis ada 8 aturan penggunaan HP yang penting untuk diketahui :

Iklan

1. Mengawali membuka HP dengan bacaan basmalah dan berniat untuk ibadah kepada Allah.

2. Dilarang ditempat yang gelap, karena bisa merusak lensa mata yg menyebabkan terjadinya rabun/buta. Juga bisa menyebabkan terkena kanker.

3. Dilarang sambil tiduran, ini sangat bahaya bagi retina, karena adanya sinar biru yang bisa menembus bagian luar dan dalam mata.

4. Tidak boleh berlebih-lebihan dalam menggunakan HP. ini bisa membuat mata lelah, pikiran tegang dan tidak peduli terhadap lingkungan.

5. Yang boleh dibuka adalah hal-hal bermanfaat yang mengandung ilmu dan kebaikan bagi kehidupan masa sekarang dan akan datang.

6. Jika ada orang ngajak bicara, hentikan HP untuk sementara dan berbicaralah secara sopan dengan saling berhadapan.

7. Jika ada suara azan, hentikan menggunakan HP dan segera pergi ke mushalla/masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.

8. Jika telah selesai menggunakan HP ucapkan syukur alhamdulilllah.

Jika ke 8 hal tersebut dipraktikkan, maka mata aman, kesehatan terpelihara, hubungan kepada sesama akan terjaga secara harmonis dan tentu in sya Allah beroleh pahala dan berkah dari Allah ‘Azza Wajalla.

Bekasi, 26 Jumadil Awal 1441 H/22 Januari 2020 M