5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

banner post atas

Meski memang untuk beberapa orang, kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh pada tubuh mereka, namun ada pula sebagian orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung terkena demam esok harinya. Nah, agar tetap sehat, yuk ikuti tips musim hujan berikut ini:

1.selalu membawa payung atau jas hujan

Iklan

Foto : Ilustrasi Payung dan Jas Hujan

Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

2.konsumsi makanan sehat

Foto : Ilustrasi Makanan Sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

3.hindari hujan-hujanan bila badan sedang terasa kurang enak

Foto : Ilustrasi Menghindari Hujan Hujanan ( Berteduh)

Siapapun boleh menyukai hujan. Namun hindari hujan-hujanan bila kondisi tubuh sedang lelah atau kurang sehat. Bila itu dilakukan, kondisi kesehatan akan semakin menurun. Saat tubuh sedang berada pada kondisi tidak maksimal, ditambah dengan hujan-hujanan, tubuh tidak mampu melawan serangan kedinginan dan bakteri atau virus di sekitar kita. Makanya tubuh menjadi mudah sekali sakit.

4.Asupan Vitamin C

Foto : Ilustrasi Vitamin C

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

BACA JUGA  Saat Puasa Cepat Lapar ? Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur

5.Jaga kebersihan lingkungan

Foto : Ilustrasi Lingkungan Yang Bersih dan Sehat

Musim hujan membuat badan anda rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang. (Adelia)