Wajib Tahu 7 Dampak Negatif Akibat Sering Menonton Anime : Nomer Tiga Bikin Geleng-geleng Kepala

Wajib Tahu 7 Dampak Negatif Akibat Sering Menonton Anime : Nomer Tiga Bikin Geleng-geleng Kepala

– ANIME – Di zaman yang semakin canggih ini, tentu bermunculan teknologi yang semakin membantu bahkan semakin serba lebih mudah seperti halnya gadget, laptop, televisi dan lain-lain. 

Terkadang dari barang-barang canggih tersebut bisa berakibat negatif, tergantung bagaimana si pengguna menjalankannya. Contoh halnya ketika adanya sebuah tontonan film ataupun animasi maupun kartun. 

 

Namun, tahukah kamu bahwa beberapa diantara tontonan jika berlebihan dan tidak sesuai dapat berdampak negatif? Seperti halnya yang akan dibahas pada artikel kali ini yakni menonton anime. 

 

Tidak menutup kemungkinan bahwa hobi anime dan manga juga memberikan sisi negatif pula bagi pelaku hobi yang sering disebut sebagai otaku ini.

 

Banyak orang menonton anime untuk menghibur diri dan menghilangkan rasa penat. Namun, bagi yang kebanyakan menonton anime maka akan menimbulkan efek atau kebiasaan tertentu. Berikut adalah dampak negatif terlalu sering nonton anime yang perlu kamu tahu.

 

1. Jadi orang yang suka berhalusinasi.

Anime menyuguhkan cerita fiktif. Inilah yang menyebabkan orang yang suka menonton anime dan membaca manga terbawa oleh dunia fiktif tersebut. Yang lebih menakutkan lagi terkadang muncul khayal dan imajinasi semu. Seperti contoh kamu berkhayal menjadi seorang pahlawan yang memiliki kekuatan super dan lain sebagainya.

 

2. Kurang bisa membedakan realita dunia nyata dan fantasi semu di anime.

Kisah di anime mungkin sangat indah, tapi realita di dunia nyata tidak semudah itu. Faktanya dunia itu kejam. Para penggila berat anime akan menjadikan seseorang tidak tumbuh dewasa dan bijaksana dalam menyikapi hidup yang penuh tantangan ini.

 

3. Berpotensi jadi JONES (Jomblo Ngenes) selamanya.

Anime menyuguhkan tokoh yang cakep dan imut-imut. Dikhawatirkan ini menyebabkan halusinasi waifu atau husbando, dan membuat kamu seolah berpikir bahagia hidup sendiri. Pasalnya kamu merasa ditemani oleh tokoh-tokoh anime lawan jenis yang kamu sukai itu.

 

4. Terlalu sering terkena budaya Jepang membuat kamu lupa dengan budaya Indonesia.

Anime adalah pruduk dari Jepang, tentu saja di dalamnya tersisipi banyak budaya-budaya Jepang, baik budaya yang baik maupun budaya yang buruk. Ini akan menjadi doktrin budaya (secara halus) di pikiranmu.

 

5. Anime membuat kamu malas bersosialisasi.

Buat yang benar-benar menggilai anime maka kamu akan lebih suka duduk di kursi kamar, menghadap komputer, lalu menikmati anime dan manga terbaru, daripada bersosialisasi dengan sekitar.

6. Semakin malas beraktivitas karena kebanyakan begadang nonton anime satu season penuh!

Kamu akan menghabiskan harimu dengan nonton anime satu season full! Paginya kamu pun akan malas mengerjakan aktivitas, bahkan malas mandi, malas makan, malas mencuci, dan lain sebaginya karena sudah sangat lelah.

 

7. Memicu kegemukan (obesitas) dan kekurusan.

Efek buruk karena terlalu banyak menonton anime bagaikan pedang bermata dua. Kamu akan menjadi gemuk karena nonton anime sambil ngemil! Kamu juga bisa kurus kurang gizi karena terlalu asyik nonton anime sehingga lupa makan.

Ingat ya teman-teman, sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Jadi lakukan semua hobimu itu dengan seimbang ya dan lakukan hal yang positif serta utamakan yang sudah jelas ada manfaatnya. (Sdk/Red).

IdnTimes

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA