TPA AT TAWWABIN NW BEKASI DAN KEUNGGULANNYA

banner post atas

Salah satu bidang garapan yang sangat penting bagi organisasi NW yang didirikan oleh Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah bidang pendidikan. Inilah bidang yang paling utama diantara bidang-bidang lainnya. Melalui pendidikan, Maulana Syaikh ketika masih hayat menghabiskan seluruh umurnya untuk mendidik, membimbing dan membina seluruh umat khususnya yang ada di NTB. Sebagai dampak positif dari upaya ini banyak sekali sarana pendidikan seperti sekolah/perguruan tinggi, madrasah dan majlis ta’lim berdiri dimana-mana di seluruh wilayah yang ada di NTB. Juga lahir kader-kader ulama’ yang turut serta bersama Maulana Syaikh mendidik umat, sehingga umat menjadi cerdas akalnya dan baik budi akhlaknya.

Walaupun Maulana Syaikh sudah lama meninggal dunia, tapi ruh perjuangannya terus berkobar tidak hanya di wilayah NTB tapi sudah merambah ke berbagai wilayah yang ada di seluruh Indonesia. Seluruh kader ikut serta berperan aktif dalam bidang pendidikan yang merupakan priorioritas utama dari sang pendiri organisasi NW. Diantara wilayah itu adalah Kabupaten Bekasi, tepatnya di perumahan Vila Gading Harapan 2. Blok A, Sriamur, Tambun Utara. Di perumahan ini berdiri sebuah masjid yang bernama masjid At Tawwabin. Salah satu kegiatan unggulan dari masjid At Tawwabin adalah mengajarkan Al Quran kepada segenap santri yang tinggal di sekitar perumahan.

Untuk mengorganisir kegiatan pengajaran Al Quran agar dapat berjalan dengan tertib dan optimal, maka pengurus DKM masjid At Tawwabin beserta warga bersepakat untuk mendirikan sebuah lembaga yang bernama TPA At Tawwabin NW (Nahdlatul Wathan). Adanya penambahan NW bertujuan agar arah pengajarannya berbasis pada asas pokoknya NW yaitu iman dan taqwa. Dengan asas iman dan taqwa ini, diharapkan akan lahir kader-kader NW yang tangguh aqidah ketauhidannya, istiqamah dalam menjalankan syari’at agama dan benar budi akhlaknya dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sekitar.

Iklan
BACA JUGA  TGB Beri Apresiasi dan Dukungan Terhadap Kinerja POLRI

Salah seorang kader NW yang sangat aktif membimbing pengajaran Al Quran di TPA At Tawwabin NW adalah Ust. Sidiq Elnadi, S.Pd. Berdasarkan pantauan media SinarLima (Sinar5News.com) dalam beberapa malam, para santri yang belajar Al Quran begitu rapi terlihat dari awal hingga selesai pembelajaran.

Sebelum pembelajaran Al Quran dimulai terlebih dahulu santri melaksanakan shalat Magrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan zikir dan doa secara lengkap. Dikatakan doa secara lengkap karena selalu disempurnakan dengan Shalawat Nahdlatain yang merupakan ciri khas warga NW dalam mengawali seluruh aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping kegiatan pembelajaran Al Quran setiap hari, juga ada kegiatan mingguan berupa membaca ringkasan hizib NW setiap malam Jumat dan ini menjadi salah satu program unggulan yang sangat bermanfaat bagi pencucian batin sekaligus memohon segala hajat untuk keselamatan dan keberkahan masyarakat bangsa dan negara dari segala hal buruk yang tidak diinginkan. Terlebih dengan situasi genting menyelimuti masyarakat Indonesia sekarang ini yaitu meraja lelanya wabah virus corona atau covid 19, maka pembacaan hizib NW adalah salah satu upaya spiritual untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala bahaya yang ditimbulkan oleh virus corona tersebut.

Untuk menumbuhkan kreatifitas dan mental setiap santri, Kepala TPA At Tawwabin Umi Fakhrunnisa bekerja sama dengan Ust. Sidiq Elnadi, S.Pd membuat program khusus yaitu memanfaatkan moment-moment hari besar Islam untuk menampilkan berbagai macam kemampuan yang dimiliki setiap santri.

Bahkan dikemas dalam bentuk lomba yang terlaksana secara rapi. Baru-baru ini tepatnya pada hari Rabu, 15 April 2020 diadakan lomba mewarnai untuk katagori TK, SD kelas 1-2 dan lomba pidato tingkat SD, SMP dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW. Dalam lomba pidato ini seluruh santri dengan keberaniannya menampilkan berbagai tema yang berhubungan dengan keagungangan isra’ mi’raj dan hikmahnya yang sangat penting.

BACA JUGA  Jelang KONGRES HIMMAH KE-IX H. Irzani : Semua Calon Berpeluang Sama untuk Mendapat Dukungan Suara

Semoga TPA At Tawwabin NW, terus eksis berkiprah mengkader santri yang berjiwa pejuang yang akan menyebarkan Islam menuju rahmatal lil’aalamiin. Aamin (Amr)

Bekasi, 23 Sya’ban 1441 H/17 April 2020 M