TERNYATA INI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF

banner post atas

Oleh : Nabilah Saputri

Mahasiswa PGMI  Semester VI IAI AL-AQIDAH AL-HASYIMIYYAH

Sinar5news.com – Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, maka media pembelajaran bisa dipahami sebagai media komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi tersebut. Media pembelajaran memiliki peranan penting sebagai sarana untuk menyalurkan pesan pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi tidak akan berlangsung secara optimal.

Iklan

Media pembelajaran juga merupakan perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima. Media sebagai alat komunikasi merupakan segala sesuatu yang membawa informasi (pesan) dari sumber informasi kepada penerima informasi. Oleh sebab itu media pembelajaran merupakan salah satu aspek pendukung dalam ketercapaian tujuan pembelajaran. Hal ini mendukung bahan ajar yang telah disusun dengan harapan siswa dapat menerima pengetahuan secara baik..

Berikut adalah 5 media pembelajaran kreatif yang bisa mudah dibuat dan bisa ditiru ;

1. Kaos Kaki Bekas

Dengan bermodalkan kaos kaki bekas, sedikit kertas dan kreatifitas, kaos kaki ini bisa dijadikan media belajar kreatif untuk seni peran. Tinggal dibersikan dan ditambahkan bebeapa ornament untuk menjadi sebuah peran, jadilah kaos kaki bekas ini media pembalajaran yang dapat memudahkan siswa mengerti dan bisa memerenkan peran mereka masing-masing.

2. Karton Bekas

Banyak manfaat dari karton bekas, salah satunya bisa dibuat menjadi televisi seperti gambar disambing, cara membuatnya mudah sekali, dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar kepada anak-anak, menambah kretifitas anak dan belajar jadi lebih menyenangkan.

3. Batu dan Kertas
Batu dan kertas bisa digunakan sebagai media pembelajaran tata surya, caranya melabeli batu dengan ukuran yang bervariasi dan diberi nama- nama planet, lalu dapat diurutkan dari planet yang terbesar dan terkecil, bisa juga dengan diurutkan dari yang paling dekat dengan matahari sampai yang terjauh.

BACA JUGA  SEJARAH HARI BATIK 2 OKTOBER

4. Jepit Jemuran

Dengan menulis huruf di bagian ujung jepit jemuran kita bisa menggunakannya sebagai media untuk belajar mengenal huruf alphabet, mulai dari mengurutkan dari a-z, dan juga bisa merangkai nama masing-masing siswa.

5. Botol Bekas

Botol bekas minuman bisa dijadiin media belajar yang asik untuk mata pelajaran keterampilan, selain mengurangi sampah plastic, botol bekas ini bisa menjadi barang yang bernilai, bisa menjadi vas bunga ataupun keterampilan lainnya.