Status Terkini Provinsi NTB terkait Virus Covid-19

Status Terkini Provinsi NTB terkait Virus Covid-19

Sinar5News.com – Jakarta – Jumlah kasus positif Covid-19 di NTB kembali bertambah enam orang. Selain itu, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh juga bertambah empat orang. Dengan penambahan tersebut, jumlah kasus positif Covid-19 di NTB menjadi 47 orang dan 11 orang dinyatakan sembuh.

“Pada hari ini, Kamis 16 April 2020, Laboratorium RSUD Provinsi NTB telah memeriksa 47 sampel dengan hasil 41 sampel negatif dan enam sampel baru positif Covid-19,” sebut Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, Drs. H.Lalu Gita Ariadi, M.Si.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Drs. H Lalu Gita Ariadi
Meringkas dari hasil keseluruhan data dinyatakan bahwa ada enam tambahan kasus positif Covid-19 di NTB, Dua tambahan positif dari Lombok Utara dan empat orang dari Kota Mataram.

Data Pasien yang dinyatakan positif virus corona tersebut ialah berasal dari daerah Lombok utara 2 orang laki laki dan Mataram 4 Perempuan. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh terdapat di daerah Mataram 3 orang laki laki dan Lombok barat 1 orang laki laki.

Dari hasil seluruh data yang sudah dipastikan, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai Kamis, 16 April 2020 sebanyak 47 orang. Dengan rincian, 11 orang sudah sembuh, dua meninggal dunia dan 34 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

“Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif,” kata Sekda NTB.

Dalam hal ini tim medis juga melakukan pemeriksaan terhadap populasi berisiko yang diperiksa dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT), yaitu tenaga kesehatan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG), serta Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) terutama yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar.

BACA JUGA  Jsjajajsjsjajajaj
BACA JUGA  Hikmah Pagi : Akibat Sholat Dhuha

Sebanyak 387 tenaga kesehatan telah diperiksa dengan hasil 8 orang (2,1%) reaktif, 815 ODP/OTG diperiksa dengan hasil 52 orang (6,4%) reaktif, dan 702 PPTG

perjalanan Gowa Makassar diperiksa dengan hasil 198 orang (28,2%) reaktif. Semua orang dengan hasil RDT reaktif dilanjutkan pemeriksaan swab sebagai standar pemeriksaan laboratorium untuk penegakan diagnosa Covid-19.

Dalam hal ini disebutkan bahwa jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 206 orang dengan rincian 115 PDP masih dalam pengawasan, 91 PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 12 orang PDP meninggal. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 4.194 orang. Terdiri dari 1.100 orang masih dalam pemantauan dan 3.094 orang selesai pemantauan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 1.066 orang. Terdiri dari 860 orang masih dalam pemantauan dan 206 orang selesai pemantauan. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 36.660 orang. PPTG yang masih menjalani karantina sebanyak 16.227 orang, dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 20.433 orang.

(SDK)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA