SHILATURRAHIM BULANAN HIMALO DI KEDIAMAN RUMAH BP. YUSPI IRAWAN PERUM SEGARA CITY, TARUMA JAYA, BEKASI

banner post atas

Berkumpul dalam satu komunitas yang senantiasa menunjukkan nilai-nilai kebersamaan adalah suatu kebahagiaan yang tidak bisa diukur oleh nilai materi sebanyak apapun. Inilah salah satu agenda mulia yang senantiasa dilakukan oleh organisasi HIMALO (Himpunan Masyarakat Lombok) setiap bulan. Walaupun sempat vakum sekitar setahun ini karena adanya wabah covid 19 yang dialami oleh bangsa Indonesia khususnya.

Pada bulan ini tepatnya hari Sabtu, 13 Sya’ban 1442 H/27 Maret 2021 pukul 20.00 WIB kegiatan shilaturrahim dilakukan di kediaman Bapak Huspi Irawan Perumahan Segara City, Cluster Celtic SC3, 11-12 Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi.

Bapak Yuspi Irawan memberikan sambutan penuh dengan suasana gembira

Dalam sambutannya, Bapak Yuspi Irawan selaku tuan rumah mengucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf bila banyak terdapat kekurangannya. Beliau juga memohon doa agar rumah baru yang ditempati ini, Allah selalu memberikan keamanan dan keberkahan dalam rumah tangganya.

Iklan

Acara shilaturrahim bulanan ini diisi dengan pembacaan Yasin, zikir, tahlil dan doa dengan bacaan yang khusyu’ dan menambah rasa iman kepada Allah SWT. Semua bacaan tersebut diniatkan untuk keamanan dan keselamatan atas rumah baru yang akan ditempati oleh tuan rumah. Juga diniatkan agar organisasi HIMALO selalu dalam kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Pembina HIMALO Dr. TGH. Abdul Fattah menyerahkan sumbangan kepada Ust. Husni Haris, S.Sos

Setelah pembacaan Yasin, zikir dan tahlil dilanjutkan dengan bincang-bincang hangat dari hati kehati membicarakan berbagai topik yang relevan seperti bagaimana HIMALO ini agar terus eksis mengadakan kegiatan shilaturrahim bulanan. Diantara upaya yang akan dilakukan menurut ketua umum HIMALO Dr. TGH. Muslihan Habib, MA adalah membuat sekretariat atau istilah Lombok Bale Bleq (rumah besar) sebagai pusat untuk mengadakan berbagai kegiatan penting yang berkaitan dengan HIMALO.

Ketua Umum Himalo Dr. TGH. Muslihan Habib, MA memberikan pengarahan yang sangat komunikatif

“Keberadaan HIMALO ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Lombok yang ada di Jabodetabek bahkan di luar Jabodetabek. Sudah beberapa kali HIMALO memberikan bantuan untuk membantu beberapa warga Lombok yang mengalami kesusahan seperti sakit, tertimpa musibah dan lain-lain. Saat ini kita juga memberikan bantuan kepada putri dari Ust. Husni Haris, S.Sos yang sedang sakit dan akan menjalani operasi kelenjar pada lehernya. Alhamdulillah bantuan sudah terkumpul Rp. 2.500.000,-. Semoga ini sedikit dapat membantu untuk biaya proses dalam operasi nanti. Dan semoga Allah memberikan kelancaran dan kesembuhan dengan segera untuk putri dari Ust. Husni Haris yang bernama Dzurriyatun Thoyyibah” Tandas Ketum HIMALO mengakhiri sambutannya.

BACA JUGA  Hati manusia adlh bagaikan rumah
Para anggota HIMALO sangat menikmati kebersamaan dalam shilaturrahim bulanan ini

Dalam shilaturrahim ini juga pembina HIMALO Dr. TGH. Abdul Fattah banyak memberikan pengarahan dan masukan yang sangat berarti untuk kebaikan HIMALO pada masa yang akan datang. Diantarnya beliau menyampaikan sejarah dinamakan suku Sasak dan maknanya. “Pada awal mulanya istilah sasak itu berasal dari bahasa Jawa yang artinya bambu. Karakter bambu itu adalah lurus, maka menjadilah Lombo’ yang artinya lurus. Tetapi oleh orang luar Lombo’ menyebutnya dengan logat Lombok yang artinya cabe. Padahal arti sebenarnya ‘lurus”. Karena dimanapun karakter orang Lombok itu lurus dalam niat dan sikapnya, tidak suka melakukan hal bengkok yang menyebabkan orang lain tersakiti”. Demikian pungkasnya.

Berdasarkan pantauan media Sinar5News.com, terlihat sekali betapa akrabnya silaturrahim ini. Walaupun anggota HIMALO berasal dari berbagai wilayah yang berbeda, ada yang dari Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara, namun demikian mereka seperti satu hati yang diikat oleh persaudaraan yang begitu kuat tidak akan terpisah oleh apapun.

Ust. H. Ma’shum dengan khusyu’ dan indah melantunkan ayat suci Al Quran

Disamping itu yang membuat shilaturrahim ini terasa begitu sangat sakral, karena dihadiri oleh para Qari’ nasional dan internasional yang berasal dari Lombok diantaranya Qari’ TGH. Abdul Karim, SQ, Qari’ Ust. Dzul Makky, S.PdI dan Qari’ Ust. H. Ma’shum dari Kopasus TNI Angkatan Darat. Ketika Ust. H. Ma’shum dengan seragam TNI melantunkan ayat-ayat Al Qur’an sungguh suaranya sangat indah, tinggi dan merdu, membuat suasana terasa hening, damai dan sakinah. Ternyata Ust. H. Ma’shum yang berasal dari Lombok Timur ini adalah Qari’ nasional sebagai juara terbaik pertama tahun 2020 pada lomba tingkat TNI AD, TNI AU dan TNI AL yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bahwa beliau sudah tampil di berbagai tempat di seluruh Indonesia untuk membacakan ayat-ayat Al Qur’an bersama para Qari’ Internasional dalam berbagai kegiatan yang ada. Untuk menikmati keindahan suaranya bisa dinikmati melalui media sosial seperti Youtube atau Facebook yang sudah tersebar luas.

BACA JUGA  PERUMAHAN VGH 2 BEKASI DAN SEKITARNYA TERENDAM BANJIR
Penulis bersama Qari’ Nasional Ust. H. Ma’shum saat wawancara

Dengan melihat banyaknya hal positif yang didapatkan, sungguh shilaturrahim bulanan ini sangat mulia dan besar artinya bagi HIMALO khususnya. Walaupun saat ini suasana masih pandemi, tidak membuat hubungan komunikasi menjadi macet. In sya Allah akan terus dilaksanakan secara bergiliran dari rumah yang satu ke rumah yang lainnya yang ada di wilayah Jabodetabek. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Semoga kebersamaan dalam HIMALO yang penuh dengan kehangatan dan keakraban ini akan terus terbina dengan baik untuk selamanya. Aamiin. (Amr)

Bekasi, 14 Sya’ban 1442 H/28 Maret 2021 M