Selesai Pendidikan

banner post atas

Oleh : Zulkarnaen

Pendidikan sejatinya adalah sebuah investasi masa depan. Ia merupakan sebuah persiapan untuk menghadapi masa depan dengan lebih baik. Saya bilang lebih baik karena banyak dari mereka yang tidak pernah mengenyam pendidikan menghadapi masa depan juga—banyak orang di desa saya yang tak pernah mengenyam pendidikan, namun mereka tetap menjalani hidup dengan apa yang mereka punya, dari pengetahuan, pengalaman dan lain seterusnya.

Pendidikan tentu tak hanya berarti menjalani pendidikan formal di sekolahan yang dibangun oleh pemerintah dan mereka yang peduli terhadap pendidikan, semisal mereka yang mempunyai sekolah swasta. Saya pikir, ini adalah hal yang sangat umum bahwa pendidikan itu terjadi selama kita hidup. Mungkin anda pernah mendengar perkataan bahwa pendidikan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi perkembangan manusia.

Iklan

Tak hanya saya, namun tokoh pendidikan yang beraliran liberal, setuju soal pendidikan adalah segala sesuatu yang membuat kita berkembang.
Tahun 2016 lalu tepatnya, saya dan ribuan yang masuk kampus tahun itu harus memilih salah satu jurusan yang akan menjadi tempat saya menghabiskan waktu selama 4 tahun ke depan.

4 tahun itu adalah waktu persiapan sebelum memasuki dunia kerja. Inilah kenapa pendidikan disebut sebagai investasi masa depan yang bermakna beberapa tahun persiapan untuk siap masuk dunia kerja. Pendidikan dan pekerjaan adalah hal baik, ia bukanlah sesuatu yang buruk yang menurut sebagian orang untuk tidak mengaitkannya dengan pekerjaan.

Pendidikan sama sekali tak pernah berubah dari sejak awal di munculkannya di muka bumi. Ia merupakan tempat yang akan membantu manusia menyiapkannya hidup dengan lebih baik—hanya persoalan perbedaan zaman, kebutuham, dan akses saat itu. Tentu setiap zaman memiliki definisi sendiri soal kata membantu manusia hidup dengan lebih baik. Dan untuk konteks era kita hari ini, pendidikan itu relevan untuk menjawab tantangan pasar—pendidikan untuk bekerja.

Ummat manusia—kita hitung saja sejak revolusi industri—membutuhkan jasa-jasa dalam rangka melangsungkan kehidupannya. Sehingga selesai dari pendidikan formal adalah bekerja. Ragam pekerjaan yang akan dikerjakan tergantung pada hal apa yang selalu kita lakukan semasa menjalani proses pendidikan itu—banyak orang, bisa memiliki lebih dari satu skill setelah menjalani 1.4440 hari dari 4 tahun itu.

Pekerjaan kemudian menjadi hal yang penting, sehingga ia harus disiapkan dengan cara tersistematis melalui pendidikan. Namun tentu pendidikan bukanlah persoalan pekerjaan semata. Freire, tokoh pendidikan asal Brazil pernah mengatakan keberetannya jika pendidikan hanya soal pekerjaan. Saya pikir pendidikan bukanlah semata balai pelatihan kerja.

Pendidikan tetap menjadi sesuatu yang membantu manusia untuk menjadikannya manusia sebagaimana para filosof Yunani dulu sebelum masehi mengatakannya. Melalui pendidikan, manusia seharusnya mampu mengenal dirinya, ia bukanlah hewan—banyak cendikiawan, filosof menegaskan akan potensi hewaninya kemudian. Hal ini juga disebut oleh Harari dalam Sapiens. Bahwa manusia pernah menganggap diri mereka sama dengan hewan, mereka pernah tak menemukan perbedaan mereka dengan hewan-hewan di masa lalu—hidup mereka sama dengan hewan, mereka makan, minum, berhubungan seks, tidur, mencari makan. Ini terjadi pada awal-awal sejarah ummat manusia. Demikian Harari menjelaskannya di awal-awal bukunya.

Pendidikan formal kemudian harus menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi setiap manusia yang memasukinya. Ia adalah waktu untuk mengembangkan diri, mengembangkan potensi, minat juga tentunya dan pastinya menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang banyak pesaingnya. Jadi semakin baik persiapan, semakin baik kita siap di masa depan.

Tak hanya itu, pendidikan juga adalah perkara perkembangan kepribadian, yang menurut mereka yang konsen bidang manusia, manusia adalah mahluk rumit! Mereka itu termasuk Freire juga. Setiap manusia kemudian penting memiliki kecerdasan emosional juga. EQ, istilah yang diberikan kepada kita.

Saya lebih suka menyebutnya pendidikan adalah waktu untuk menyiapkan diri untuk hidup dan mengenal diri lebih baik.