Selebrasi Penjaga Gawang Argentina Dikecam, Kontroversi ?

Sinar5news.com – Sports – Pagelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar sukses terlaksana dengan baik dan penuh kejutan dimulai pembukaan hingga pertandingan partai final berlangsung yang mempertemuka antara Argentina dan Prancis. Sebelumnya, Argentina sempat kalah 2-1 diawal babak 16 besar pada game pertamanya menghadapi Saudi Arab diiringi Jerman yang juga harus tunduk oleh Jepang di game pertamanya. Hal tersebut tentu menjadi kejutan di pagelaran Piala Dunia kali ini.

Iklan

Di sela-sela selebrasi kemenangan timnas Argentina, beberapa penghargaan lainnya pun turut diberikan seperti halnya pemain terbaik, pemain muda terbaik, kiper terbaik, dan top score. Pemain terbaik diraih oleh Lionel Messi, pemain muda terbaik diraih oleh Enzo Fernandez, kiper terbaik diraih oleh Emiliano Martinez dan Top Score diraih oleh Kylian Mbappe.

Dalam hal ini tentu para pemain merayakan kemenangan mereka masing-masing dengan penuh suka cita. Namun, diantara beberapa pemain yang merayakan atas penghargaan yang diraih, ada satu momen dimana salah satu pemain yang merayakannya dengan gaya selebrasi tidak biasa. Ia melakukan gerakan yang sangat dinilai kurang pantas terlebih lagi ia melakukannya dimana tuan rumah merupakan Negara Islam yang menjunjung tinggi nilai moral budi pekerti dan kesopanan baik segi etika maupun tingkah laku.

Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez melakukan gerakan kurang senonoh dihadapan publik pada momen selebrasi dirinya atas penghargaan yang ia raih menjadi kiper terbaik sepanjang pagelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Ia menunjukkan gerakan yang diduga mesum dengan meletakkan penghargaannya didepan area kemaluannya sembari melakukan gerakan tambahan yang sangat tidak pantas.

Kebanyakan dari netizen yang memberikan komentar pedas atas tindakannya tersebut. Komentar yang diutarakan diantaranya ialah “kurang dewasa,menjijikan,penghinaan,rasa tidak hormat, tidak sopan dan beberapa komentar lainnya”.

pose emiliano yang mengundang kontroversi
pose emiliano yang mengundang kontroversi

Perlu diketahui bahwa Golden Glove atau sarung tangan emas adalah penghargaan individu yang diberikan oleh FIFA kepada kiper terbaik sepanjang pergelaran satu edisi Piala Dunia. Gelar tersebut diberikan kepada penjaga gawang yang berhasil mencatatkan statistik minim kebobolan dan melakukan penyelamatan terbanyak untuk negaranya.

Tahun ini, Martinez tercatat telah melakukan 45 penyelamatan sepanjang Piala Dunia 2022. Selain itu, saat laga final melawan Prancis pun Martinez berhasil tampil gemilang dengan melakukan sejumlah penyelamatan krusial bagi Argentina.