Prof H Harapandi: Hargai Perempuan

banner post atas

 فلولم تكن المراة شيئ عظيم عند الله وعند المخلوقين لما جعلها الله حرية يكافي بها المؤمنين في الجنة

Sekiranya Perempuan bukan sesuatu yang sangat utama disisi Allah juga makhluk lainnya, niscaya tidak akan dijadikan bidadari sebagai balasan bagi orang-orang mukminin di dalam surga. (Tanbih al-Ghafilin)
 
Ungkapan yang sangat dahsyat, selain sebagai ganjaran para mukmin di surga, juga dari merekalah kita semua lahir, para Nabipun dilahirkan oleh seorang perempuan.
 
Karena itulah kita kaum lelaki harus menempatkan perempuan pada posisi yang tinggi, memuliakan perempuan berarti kita telah menghormati ibu yang melahirkan kita dan menghina atau merendahkan mereka juga berarti kita telah merendahkan ibu kita.
 
Rasulullah dalam banyak haditsnya menjelaskan posisi perempuan yang tidak dapat dibandingkan dengan makhluk manapun. Penghormatan seorang anak terhadap ibu sebagai keterwakilan perempuan disebutkan tiga kali baru setelahnya bapak mengikuti untuk keempat kalinya.

فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي قَالَ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أَبُوكَ.

Iklan

Artinya:”Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ﷺ sambil berkata, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” beliau menjawab, “Ibumu.” Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” beliau menjawab, “Ibumu.” Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” beliau menjawab, “Ibumu.” Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” dia menjawab, “Kemudian ayahmu.”

Allah juga menjadikan satu di antara seratus empat belas surat dalam al-Qur’an dengan nama al-Nisa’ yang berarti kaum perempuan. Bahkan rasul juga menyebutkan bahwa orang yang paling baik akhlak kepada keluarganya termasuk di dalamnya perempuan adalah yang paling baik akhlaknya.
 
Ya Allah ya Rabbi jadikanlah kami menjadi hamba-hambaMu yang taat kepadaMu dan rasulMu juga berbakti kepada kedua orang tua kami dan berilah kami keteguhan hati untuk saling menghargai antar sesama kami terutama terhadap para perempuan. Amin

BACA JUGA  Hikmah Pagi :Allahlah Yang Berkuasa Menciptakan Bumi Dan Langit