Prof H Agustitin :Dampak Ekonomi dengan Vaksin Normal Baru ( NEW NORMAL)

0
80
banner post atas

New normal bisa mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga yang terdampak Covid-19.

Presiden Joko Widodo meninjau salah satu pusat perbelanjaan . Kehadiran
Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia .

Pemerintah telah memutuskan untuk menjalankan kebijakan normal baru atau new normal untuk mendorong pemulihan ekonomi. Meski, pandemi Covid-19 baru akan menunjukkan adanya tanda-tanda akan selesai.

Iklan

Presiden menjelaskan bahwa tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona baru merupakan keniscayaan yang harus dijalani. Hidup berdampingan dengan Covid-19, dengan mempertimbangkan data dan fakta perkembangan pandemi, integritas alam.

Masyarakat melawan wabah untuk beraktivitas dengan mengedepankan protokol Kesehatan. Dengan begitu, warga dapat kembali berkegiatan secara produktif dan namun lebih terasa nyaman.”Tetapi.Keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Kebutuhan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal,”

Pertimbangan Presiden adalah pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menilai bahwa virus corona yang berasal dari Wuhan ini tidak akan segera menghilang. Virus yang menyerang saluran pernapasan itu diprediksi akan tetap ada di tengah masyarakat dalam waktu agak sulit predeksi

“Maknanya adalah bahwa kita harus berdampingan hidup dengan Covid-19. dengan, berdamai dengan Covid-19. Dan, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman,”

kita harus optimistis mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak aman, mengenakan masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun, maka penularan dapat dicegah. Dan jug terus memantau waktu terbaik bagi dimulainya normal baru. Beberapa sektor usaha dengan risiko penularan kecil, namun dampak ekonominya besar dapat menjadi prioritas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, protokol dalam menjalankan normal baru sedang diupayakan untuk kembali memutar roda ekonomi. Strategi tersebut,, akan mencakup kriteria yang menentukan kesiapan masing-masing daerah.

Kriteria yang akan digunakan antara lain adalah reproduction rate untuk melihat perkembangan pandemi virus Corona tipe baru. Apabiila daerah mempunyai reproduction rate atau R0 di atas 1 maka daerah tersebut masih di tahap penularan yang tinggi. Sementara bila R0 di bawah 1, itu menandakan kurva penyebaran Covid-19 mulai landai. “Bila kurang dari satu sudah bisa dibuka untuk normal baru,”

Kriteria lainnya adalah kesiapan daerah yang dinilai berdasarkan aspek epidemiologi. Kesiapsiagaan pemerintah daerah dan kedisiplinan masyarakat menjadi faktor penentunya. Dan pemerintah pusat akan memberikan skor 1-5 yang merepresentasikan kesiapan daerah

Menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19, pemerintah memilih jalan berdamai dengannya. Hal tersebut membuat terbentuknya skenario new normal di Indonesia.

Hal ini pun sudah dipersiapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Oleh sebab itu, berikut fakta-fakta pengaruh new normal terhadap perekonomian: New Normal, Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Wajib Rapid Test untuk tujuan :

a. Pemulihan di mungkin Berjalan Lambat. Hal in banyak ditafsirkan para Pengamat Ekonomi Indef yang sebagian besar mengatakan penerapan new normal ini menyebabkan pemulihan ekonomi berjalan melambat karena masyarakat khawatir ke pusat perbelanjaan atau mal di saat kurva positif jikalau virus corona masih belum ada tanda tands meningka, melandait.
Konsumen akan lebih mengkhawatirkan keselamatan dan biaya kesehatan dirinya.sehingga situasi seperti ini membuat omzet dari penjual juga tidak optimal.

b. New Normal Tergesa gesa Dapat berdampak ketimpangan Semakin meluas
Dampak new normal di Indonesia yang terburu-buru hanya akan membuat ketimpangan semakin melebar. Protokol kesehatan mudah diterapkan di sektor usaha yang sedang dan besar
“Sementara pelaku UMKM harus menghadapi kenaikan biaya untuk pembelian APD, hand sanitizer dsb. Tanpa bantuan pemerintah, new normal akan jadi beban UMKM,”l.

c. Bisnis Akan Berubah

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, new normal paska pandemi virus corona membuat bisnis menjadi berbeda.

“Konsumen yang berbelanja secara fisik berkurang, berubah menjadi porsi digital yang lebih besar,” kata Bhima.

d. Penerapan protokol Kesehatan yang Ketat diberlakukan di Dunia Usaha
jika masyarakat tetap bepergian ke pusat perbelanjaan, maka tetap ada protokol kesehatan. “Apabila terpaksa restoran dan pusat perbelanjaan ada protokol kesehatan yang ketat. Ada termo scanner, hand sanitizer dan wajib masker sebelum masuk ke tempat tempat umum,”.

e. Sebagian besar Pengusaha Optimis New Normal Dapat memuulihkan Perekonomian kita “Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dapat mengaku optimis new normal bisa dilakukan dan akan berdampak pada perekonomian ,namun dimungkinkan, banyak pengusaha yang hanya sanggup bertahan jogyakarta empat.

Tetapi apabila tidak ada instruksi pemerintah dalam membuka ekonomi Indonesia maka pengusaha akan melakukan pemutusan kerja sepihak. apabila new normal ini bisa melakukan aktivitas ekonomi dan para pelaksana implementasi, msaka kombinasi pemerintah sangat penting dari segi pelaksanaan. apabils kerja keras agar tidak meningkatkan positif korban Covid-19.
“Kita memang akan berbeda dalam membuka usaha karena kita akan lebih ketat dalam protokol kesehatan,”.

f. Aktifitas pabrik pabrik perlu menyesuaikan Jam Kerja ,pada saat New Normal serdadu uji cobakan. Pemerintah hendaknya selalu mengkampanyekan mengenai kondisi new normal akibat pandemi virus corona. Pemerintah harus mengklaim bahwa kondisi new normal membuat kegiatan atau aktivitas bisnis stri. Sebab menurutnya, beberapa pabrik perlu dilakukan adjustment untuk menyesuaikan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan yang berlaku seperti contoh adalah mengenai physical distancing atau menjaga jarak. Pabrik-pabrik perlu mengatur para karyawan , diatur dengan jarak 2 meter setiap tempat kerjanya. Dan”Yang perlu yang perlu banyak adjustment pabrik agar disiplin menjaga jarak 2 meter,” sehingga dapat mempercepat terselesaikannya pendemo covit 19 ini dia ibu pertiwi kita yang kita cintai bersama .