Prihatin Berita Hoax, Pimpus Pemuda NW Gelar Workshop Pengelolaan Sosial Media

banner post atas

 

Mataram- Dalam rangka menangkal berita-berita Hoax yang masif beredar di media sosial. Pimpinan Pusat Pemuda Nahdlatul Wathan secara khusus mengadakan workshop “Sosial Media” di Kota Mataram, 28/10/2020.

Acara tersebut di hadiri oleh perwakilan Badan Otonom NW diantaranya Satgas Hamzanwadi, Pemuda NW, HIMMAH NW dan IP NW. Turut hadir pula dalam acara workshop tersebut Ketua IV PBNW H. M. Khairul Rizal, ST.,MT

Iklan

Ketua Panitia Sabilirrosyad, M.Pd dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dan panitia yang telah mensukseskan kegiatan tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh peserta yang telah menyempatkan hadir dalam acara ini dan teman-teman Panitia yang sudah mensukseskan rangkaian acara dari awal hingga akhir”, ungkap Sabil.

Kegiatan workshop ini lanjutnya, merupakan bagian dari upaya Pemuda NW untuk melatih kader muda NW agar lebih kreatif dalam menyaring dan mengkanter segala isu, informasi dan pemberitaan Hoax yang beredar di media sosial. Bagaimana mengelola media sosial secara baik sehingga menghadirkan sajian informasi yang positif dan bermanfaat, jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga Ketum Pimpinan Pusat Pemuda NW Dr. M. Halqi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan
“Momentum hari sumpah pemuda ini mengingatkan kita kepada pemuda-pemuda pendahulu kita yang telah menorehkan sejarah terbaik bagi bangsa indonesia”, ungkap Dr. Halqi membuka sambutannya.

Ia mengingatkan bahwa saat ini kita hidup di era digital yang begitu besar mempengaruhi kehidupan manusia.
“Orang bisa senang dan juga bisa susah karena media sosial. Maka yang perlu di lakukan dalam bermedia sosial adalah seperti nasehat yang disampaikan oleh guru kita Tuan Guru Bajang Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA ambillah yang baik dan sebarkan yg bermanfaat. Tidak semua yg baik harus kita sebarkan maka perlu di pilah-pilah mana kira-kira hal-hal baik itu yg perlu di sebarkan, papar Dr. Halqi.

BACA JUGA  Pemuda NW Lombok Barat Resmi Dilantik, Samsul Hadi: Jaga Marwah Organisasi

Sementara itu Ketua IV PBNW H. M. Khairul Rizal, ST. MT membuka sambutan dan arahannya dengan ajakan senantiasa menerapkan protokol kesehatan covid 19.
“Mari kita sama-sama ikhtiar untuk menjaga diri dan keluarga masing-masing dari bahaya covid 19, dengan senantiasa menjalankan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah”, ujar H. Rizal.

Pria yang kini sedang menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi NTB ini melanjutkan arahannya dengan menghimbau kepada peserta workshop yang hadir agar mengutamakan adab dalam menggunakan media sosial.

“Adab dalam bermedia sosial itu penting, bukan hanya kontennya namun juga cara dalam menyampaikan konten tersebut harus dengan cara yang baik”, ungkapnya.

Ganasnya berita itu lanjutnya, sudah tergambarkan dalam peristiwa ketika Siti Aisyah Istri Rasulullah SAW di fitnah berselingkuh hingga menggemparkan penduduk Arab saat itu. Hingga turun Wahyu yang membersihkan tuduhan tersebut.
Peristiwa tersebut menunjukkan akan penting generasi muda untuk mengelola media sosial sehingga terhindar dari perkara-perkara hoax dan fitnah, jelas H. Rizal.

Oleh: Rahman