PGNW(Persatuan Guru Nahdlatul Wathan) Lotim, Gelar Konferda I PGNW Masa Bakti 2014 -2019.

banner post atas

Sinar5news.com – Pancor – Pengurus Daerah Persatuan Guru Nahdlatul Wathan(PD-PGNW) kabupaten Lombok Timur menggelar Konfrensi Daerah I (Konferda I ) yang bertema : “Menebar Budi Membangun Generasi Pekerti Wujudkan Lombok Timur Berprestasi”.dikuti oleh 120 orang peserta dari perwakilan Pengurus Daerah PGNW,Pngurus Cabang PGNW dan utusan dari peninjau bertempat di Gedung Birrul Walidhain Pancor. Ahad(24/11/2019).

Panitia Konferda I PGNW Helmi,M.Pd dalam Laporannya mengatakan. Guru memiliki peran dan kedudukan yang sangat strategis Keududukan guru tersebut adalah sebagai tenaga pendidik yang bertujuan melaksanakan system pendidikan Nasional dalam mewujudkan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.


Dalam rangka ikut serta membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan Nasional , maka organisasi Nahdlatul Wathan menetapkan sayap organisasi atau badan otonom yang berfungsi sebagai wadah pembinaan profesi guru Nahdlatul Wathan yang disebut dengan Persatuan Guru Nahdlatul Wathan(PGNW).
Sebagai badan otonom PGNW diberikan amanah sesuai dengan fungsinya yang termaktub dalam mukaddimah AD/ART PGNW yakni untuk melaksanakan pembinaan terhadap para guru NW. oleh karena itu diminta untuk menjalankan terus fungsinya tersebut PGNW harus dapat menjaga keberlangsungan regenerasi kepemimpinannya.

Iklan


Terkait dengan hal tersebut maka Pimpinan Daerah PGNW masa bakti 2014 – 2019 bermaksud mengadakan Konferda I PGNW sebagai upaya menjaga estapet kepemimpinan lebih lanjut, sekaligus debagai momentum efaluasi dan koreksi terhadap kinerja dari kepemimpinan sebelumnya.
Sementara itu Sekertaris PGNW Muhammad Nahdi kepada Sinar5news.com mengatakan keanggotaan dari PGNW Lombok Timur ini lebih kurang sekitar 20.000 orang.
“sebenarnya karena kita ini baru saja mendata , gambarannya jumlah Anggota kita lebih kurang ada 20.000 baik guru yang ada disekolah negeri maupun maupun Swasta atau madrasyah, karena yang tergabung dalam PGNW ini semua guru yang berada dibawah naungan NW baik honor,job dan PNS. Tapi secara rielnya belum kita melakukan pendataan jumlah anggota kita,” Ungkap M.Nahdi.

BACA JUGA  Bentuk Nyata Sinergi TNI Polri Perangi Covid 19

M.N ahdi juga menambahkan sebenarnya pada PGNW ini bertujuan ingin memperkuat ke NW an dimasing-masing sekolah atau Madrasyah yang berafiliasi ke NW. kedua ingin membangun jaringan ekonomi bersarikat yakni Sarikat ekonomi PGNW berbasis Pondok Pesantren.
“Jadi nantinya kita ingin salah satu Pondok Pesantren(Ponpes) memiliki program unggulan yang dapat kita distribusikan keseluruh pondok pesantren yang berjaringan. Misalnya kalau Ponpes yang memiliki produk unggulan Air Mineral misalnya, maka produksi ini akan kita distribusikan ke Ponpes yang berafiliasi,” Terangnya.
Sehingga diharapkan kedepan tidak akan ada ketergantungan kita terhadap orang lain terutama kepada produk-produk unggulan yang diproduksi oleh Pondok Pesantren. Dan kita akan mulai dari koperasi pondok pesantren (Kopontren) yang mana nanti akan menjadi Kopontren Sarikat dan Syari’ah.

Sehingga salah satu agenda dari Konferda I tahun 2019 ini disamping kita akan melakukan penyegaran atau pemilihan Ketua dan pengurus PGNW masa bakti 2020 – 2025. Juga kita akan bahas soal program lima tahun kedepan kita diantaranya Pengembangan Ekonomi Sarikat dan Syari’ah, berbasis Pondok Pesantren.(Bul)