Pesan Maulana Syaikh Oleh TGB di Acara Hizib Akbar Kuningan

Pesan Maulana Syaikh Oleh TGB di Acara Hizib Akbar Kuningan

Dr. Zainul Majdi, MA yang akrab dipanggil dengan sebutan TGB, ketum PB NWDI, tadi malam, Sabtu 26/6/21 dalam acara Hizib Akbar di Pesantren Al-Halimiyyah Kuningan, menyampaikan pesan perjuangan pendiri NW, NWDI dan NBDI Maulana Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai landasan dan motivasi dalam berjuang menyebarkan risalah Islam.

Dalam sambutannya melalui virtual zoom, TGB mengingatkan kepada segenap jamaah yang hadir, baik melalui virtual atau langsung di tempat acara, supaya selalu memperhatikan pesan dari guru kita Maulana Syaikh tentang bagaimana ikhtiar yang sesungguhnya dalam menghadapi sebuah permasalahan atupun ujian.

Adapun ikhtiar menurut pandangan Maulana Syaikh terbagi kepada dua bagian yaitu :
1. Ikhtiar Maddi (usaha yang berbentuk materil/benda)
2. Ikhtiar maknawi (mohon pertolongan Allah)

Ikhtiar Maddi yang berwujud dalam bentuk benda contohnya adalah membuat madrasah, membangun Pondok Pesantren, membangun Masjid, membangun jembatan, membangun panti asuhan dan semua ikhtiar yang berbentuk materi/benda. Ikhtiar ini sangat penting sebagai wadah perjuangan dalam mendidik para pemuda.

Adapun ikhtiar maknawi yaitu usaha yang terwujud dalam bentuk do’a, memperbanyak tawajjuh kepada Allah termasuk dengan cara membaca Hizib. Ikhtiar maknawi ini adalah pelengkap, penyempurna dari ikhtiar Maddi.

Menyempurnakan dua ikhtiar ini dalam perjuangan, kemudian dilengkapi dengan tawakal, insyaallah semuanya akan dilancarkan oleh Allah SWT. dalam firman-nya disebutkan,
فاذا عزمت فتوكل على الله
Apabila kamu bercita-cita, maka serahkan kepada Allah.

Ketika langkah diatas sudah dijalankan dalam sebuah perjuangan, maka insyaallah perjuangan akan terwujud, sebagaimana dalam ungkapan para ulama’ yang berbunyi,
على قدر المؤنة تأت المعونة
Sebanyak yang kita perlukan Allah akan datangkan bantuan.

TGB melanjutkan paparannya, Hal lain yang harus diperhatikan adalah selalu optimis dari Rahmat Allah SWT setelah melakukan ikhtiar Maddi dan Maknawi serta tawakal kepada Allah, insyaallah semu tantangan akan bisa kita lewati.
فإن مع العسر يسرى
Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada jalan keluar/kemudahan.

Disamping itu, TGB juga sangat menekankan kepada seluruh jamaah NWDI untuk mengokohkan ukhuwah (persaudaraan) dengan memperbanyak silaturahim baik itu berjumpa langsung atau melalui telepon. Di era pandemi seperti sekarang ini, silaturahmi sangat bisa dilakukan melalui telepon dan saling mendoakan. Terangnya.

Selanjutnya TGB menjelaskan empat nilai perjuangan yang diberikan oleh Maulana Syaikh yaitu :
1. Yakin
2. Ikhlas
3. Sabar
4. Istiqomah

Yakin artinya memiliki kemantapan dalam berjuang tanpa ada keraguan, ikhlas artinya selalu berusaha meluruskan pemikiran dan niat, bahwa yang dilakukan adalah untuk mencari ridha Allah SWT. Sabar artinya tahan, kokoh dan teguh tidak cepat mundur kalau ada tantangan, mengkomunikasikan apa yang perlu dikomunikasikan dan memberikan pemahaman kepada yang belum paham. Sedangkan Istiqomah artinya tetap dan tidak putus. Kalau ada tantangan dalam berorganisasi maka diselesaikan dengan bermusyawarah, karena tidak akan menyesal orang yang bermusyawarah.

TGB menutup sambutannya dengan memesankan untuk terus Istiqomah dalam berhizib, karena terus menerus (mudawamah) akan menghadirkan keberkahan.

Fath

BACA JUGA  HIKMAH PAGI :TEORI PROSES DALAM KEHIDUPAN

Baca Selanjutnya

BACA JUGA  Marhaban Ya Ramadhan Badai Pasti Berlalu

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA