Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik dalam menentukan konsep pembelajaran yang tepat

Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik dalam menentukan konsep pembelajaran yang tepat

Peserta didik adalah anggota Masyarakat atau orang yang berusaha mengembangkan diri dengan cara belajar,mencari dan menerima ilmu  baik pada jalur pendidikan yang formal maupun pendidikan non-formal.

 Karakteristik peserta didik

Karakter peserta didik yakni totalitas kemampuan atau tingkah laku yang ada pada pribadi mereka sendiri, sebagai hasil dari interaksi antara pembawaan sejak dini dengan lingkungan sosialnya, sehinga mampu menentukan pola aktivitasnya dalam mewujudkan harapan dan  kualitas pencapaiannya serta cita-cita yang ingin diraihnya.

Konsep pembelajaran

Konsep pembelajaran ialah suatu system atau proses interaksi pendidik/guru dengan peserta didik/murid agar terjalin komunikasi dua arah pada suatu lingkungan belajar. Dalam pembelajaran seorang guru diharuskan/dituntut untuk menguasai suatu kegiatan pembelajaran, salah satunya ialah guru dituntut atau diharuskan bisa memahami karakteristik peserta didik karena  dari hal tersebut banyak manfaatnya salah satunya yaitu proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan efektif, memudahkan guru dalam menentukan konsep dan metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dan mempermudah seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran sehingga materi tersebutu dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik.

Dalam suatu kelas karakter peserta didik pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, inilah hal yang harus dikelola oleh peserta didik tersebut maupun pendidik nantinya. Karena semakin dalam pendidik memahami karakter peserta didik tersebut semakin mudah juga untuk membantu mengarahkannya dalam memahami atau mentransfer ilmu yang akan di berikan. Namun sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan dalam pembelajaran. Maka dari itu seorang guru perlu mengetahui apa saja faktor yang mencangkup karakteristik anak, seperti setatus social, kultural,etnik,perkembangan kognitif,minat,motivasi,spiritual,kemampuan awal,perkembangan emosi,perkembangan moral dan perkembangan motorik.

Alasan pentingnya seorang pendidik perlu memahami karakteristik seorang seserta didik dengan tujuan tercapainnya pembelajaran yang diinginkan. Tujuan memahami karakteristik siswa yaitu untuk mengkondisikan apa yang harus diajarkan kepadanya dan bagaimana mengkondisikan atau memilih metode yang cocok dan sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa/i. disisi lain keuntungan sebagai guru yang memahami karakter siswa yaitu lebih mudah memanejemen kelasnya. 

Jadi karakteristik siswa/i ini juga sangat membawa dampak positif atau mempermudah seorang pendidik untuk menyampaikan ilmuntya. Namun jika pendidik kurang memahami karakteristik peserta didik kemungkinan seorang pendidik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan pertumbuhan,perkembangan,kemampuan atau potensi belajarnya melemah. Yang pada akhirnya seorang guru kesulitan untuk memilih konsep,metode dan stategi pembelajaran yang tepat untuk siswa apabila guru tersebut tidak memahami dan mengenal karakteristik masing-masing peserta didiknya.

Bagaimana sih cara untuk memahami karakter peserta didik ?

Dalam proses memahami karakter peserta didik yakni seorang guru bisa memanfaatkan cara pendekatan dengan siswa seperti jam tambahan belajar,latihan soal,mengamati dan menganalisasis siswa saat proses belajar mengajar berlangsung,memahami lingkungan sekitar peserta didik, membangun komunikasi dengan peserta didik tersendiri atau melalui orang tua peserta didik tersebut, dan mengikut sertkan siswa pada program yang diadakan disekolah secara aktif sesuai dengan minat dan bakat siswa, jadilah sahabat siswa/I agar dia lebih enjoy untuk bercerita ataupun terbuka pada seorang guru, mencoba masuk ke dunianya peserta didik nya tersendiri, lakukan pendekatan secara psikologis dan kenali jenis tempramen siswa tersebut,menjadi tempat cerita untuk siswa yang memiliki keluhan pada hidupnya

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA