Pemprov NTB Kirim Ayam Rarang dan Ayam Taliwang Untuk Korban Gempa Cianjur. Bantuan Senilai Rp.811 Juta.

Sinar5news.Com – Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirim produk lokal UKM dan IKM yang ada di Nusa Tenggara Barat untuk bantuan korban gempa Cianjur-Jawa Barat, senilai Rp.811 juta lebih. Sabtu (03/12/2022)

Iklan

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemansyah, S.E, M.Sc saat melepas bantuan untuk korban gempa di Cianjur-Jawab Barat di Kantor Gubernur NTB mengatakan, produk lokal NTB sengaja diberikan untuk para korban gempa Cianjur-Jawab Barat. Karena menurutnya, produk lokal milik NTB ini beda dengan lain, ia memiliki kekhasan tersendiri.

“Semoga para korban gempa Cianjur sehat semua dan mereka bisa mencicipi lalu menikmati mproduk milik NTB disaat musibah yang mereka alami,” Kata Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Doktor Zul juga berharap agar sopir pengangkut bantuan gempa tetap hati-hati dalam perjalan. Jangan ngebut, tetap pelan-pelan yang penting selamat sampai tujuan

“Jangan sampai ngantuk, kalau ngantuk istirahat dulu, tetap semangat ya,” harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Dr. Akhsanul Haliq, M.Pd mengatakan bahwa bantaun dari NTB untuk gempa Cianjur Jawa Barat sebesar Rp. 811.280.000. Lalu dipaketkan dalam bentuk kuliner NTB, berupa Ayam Taliwang, Ayam Rarang, Ikan Kering, telur Asin, Sate Rembige, Madu Sumbawa, Kopi sumbawa, Kopi Lombok dan Kue Kering.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut bukan berasal dari dana APBD maupun uang pemerintah. Melainkan sumbangan dari PT AMANT Mineral, sumbangan ASN, guru, dan masyarakat di NTB.

“Pertama dari PT AMANT Mineral Rp 100 juta, kemudian Pemerintah Sumbawa Barat Rp 40 juta, Bank NTB Rp 100 juta, Bank BPR Rp 100 juta,” sebut Khalik.  

Untuk sisanya itu sumbangan dari Pemerintah Provinsi NTB, dan donasi dari para pegawai yang ada di NTB. 

“Itu semua tidak ada paksaan ya. Semua sifatnya spontanitas saja,” ujar Khalik. 

Ia menegaskan, jika produk yang disumbangkan sengaja dibeli langsung dari pelaku UMKM yang ada di NTB. Hal itu untuk membantu para pengusaha UMKM di NTB dalam mempromosikan produknya.

“Ini memiliki nilai positif di tengah masyarakat terdampak gempa bumi,” ujarnya.

“Kita kirim produk lokal dari NTB, sekaligus kita beli dan bela lalu kemudian kita perkenalkan produk lokal milik NTB,” pungkasnya.(red)