Pemotongan Hewan Qurban Di Ponpes Nahdlatul Wathan Jakarta Dilakukan Sesuai Protokol Kesehatan

0
97
banner post atas

Sinar5news.com – Jakarta – Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jum’at 31 Juli 2020. Saat ini, Ummat muslim di seluruh dunia sedang melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai bentuk Ibadah kepada Allah SWT.

Seperti halnya di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta, sabtu pagi (1/8) antusias para panitia qurban dengan beberapa warga melakukan proses pemotongan hewan yang terdiri dari sapi dan kambing.

Iklan

Jumlah hewan qurban di tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan para shohibul qurban untuk menitipkan hewan qurbannya di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta.

Sebanyak 11 ekor sapi dan 8 ekor kambing tersebut nantinya akan disalurkan kepada para mustahiq. Dari hasil pemotongan tersebut menghasilkan sebanyak seribu seratus kupon tersedia dan sudah tersebar ke masyarakat khususnya di lingkungan RW 03 dan RW 11 Penggilingan, Cakung Jakarta Timur.

Wawancara media Sinar LIMA dengan Ketua Panitia Qurban, Hariman Utama Taufik

Dalam hal ini, Ketua Panitia Qurban yakni Hariman Utama Taufik menjelaskan bahwa selama pemotongan hewan qurban dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan, para panitia memakai masker dan mencuci tangan serta melakukan pembatasan terhadap warga yang datang untuk melihat proses pemotongan tersebut.

“Ada perbedaan dari tahun lalu untuk pendistribusian kali ini dengan cara memberikan langsung daging qurban kerumah para mustahiq sehingga tidak ada gerumunan masyarakat” ucapnya.

Sesuai arahan Pemkot DKI Jakarta ,Gubernur Anies Rasyid Baswedan bahwa warganya diminta untuk tidak berkumpul secara beramai-ramai di tempat pemotongan tersebut. Hal tersebut diminta lantaran guna meminimalisir angka kasus Penyebaran Virus Corona yang semakin hari meningkat secara berkala di DKI Jakarta ini.

Dalam kondisi seperti ini banyak masyarakat yang membutuhkan sehingga panitia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan tersebut hal ini yang disampaikan panitia tahun ini.

“Alhamdulillah kepercayaan masyarakat kepada Pondok pesantren NW jakara semakain meningkat dari tahun ketahun, mereka menitipkan hewan qurbannya disini hal ini yang membuat kami para panitia bersemangat untuk mendistribusikan kepada para mustahiq, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini kita panitia harus menciptakan kondisi yg kondusif sesuai protokoler kesehatan sesuai yang diarahkan pemerintah” Ujar Hariman.

“Dan kita juga menyiapkan perlengkapan seperti masker dan wadah pencuci tangan untuk panitia sehingga kita bekerja merasa nyaman dan aman dari virus Corona” imbuhnya.