Pancasila Warisan Tanah Air Indonesia Untuk Semesta

Pancasila Warisan Tanah Air Indonesia Untuk Semesta

 Sinar5news.com- Ajaran Pancasila yang digali dari rahim Nusantara adalah warisan budaya leluhur bangsa yang tidak ternilai harganya. Ia adalah dasar negara yang menjadikan Indonesia bersatu dalam keragaman. Merah putih, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI adalah empat pilar sebagai pijakan yang menopang satu sama lain. Semantara  Pancasila adalah dasar negara yang mencakup semua. Inilah kekuatan bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa maju berperadaban, yang tidak terlepas dari akar budaya budi kemuliaan sekalipun dunia menuju metavhase.
 
Kelahiran Pancasila ditetapkan 1 Juni 1945 setelah melalui diskusi/musyawwarah para pendiri bangsa telah bersepakat  meletakkan Pancasila sebagai dasar negara yang mutlak final tidak boleh dirubah sepanjang zaman. Kewajiban kita generasi penerus adalah melaksanakan ajaran Pancasila secara murni dan konsekwen Istiqomah dan menjaganya.
 
Akhir-akhir ini beberapa peristiwa yang ingin kembali membenturkan Pancasila dengan berbagai model ajaran paham yang  bertentangan dengan Pancasila. Harus kita waspadai sebagai anak bangsa, jangan ada ruang dan paham budaya luar dibawa ke Nusantara ini, lalu berani menyalahkan ajaran dan nilai Pancasila yang sudah hidup berkelinden di bumi persada Nusantara.
 
Sebagai bangsa yang  memeiliki hak paten Pancasila. Tidakkah merasa malu, ujaran kebencian, gelora permusuhan antara kelompok anak bangsa satu dengan yang lain kian meluas, pengkotakan sektarianisme sempit kelompok terjadi setiap saat di negri indah ini, saling lempar ejekan. Propokasi dst. 
 
Model ini tidak bisa dibiarkan, budaya yang datang dari negara lain baik timur tengah, benua erova dan Amerika ketika sudah masuk di bumi persada Indonesia harus tunduk dan patuh dengan budaya Indonesia. Jangan sampai berani menyalahkan,  buat gaduh, yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan bisa berkembang jadi pengrusakan. 
 
Peristiwa diatas terjadi akibat pembiaran,  nilai budaya Pancasila tidak dilaksanakan dengan perinsip kami dengar kami patuhi kami ta’ati. Pancasila terbukti, teruji dikagumi dunia mampu menjaga keutuhan bangsa. kehidupan bermasyarakat, bernegara dengan penuh persaudaraan, toleransi, gotong royong. Hanya bangsa yang berkepribadian yang akan langeng, utuh  serta mampu mewarnai kehidupan dengan melahirkan pradaban mewujudkan keadilan sosial.
 
Pemimpin negri ini mulai dari desa sampai presiden sebagai mandtaris rakyat  harus menjadikan Pancasila sebagai roal model dalam pembangunan bangsa. Baik pisik maupun non pisik serta  memberikan pelayanan prima  terhadap seluruh warga bangsa tanpa pandang bulu. Nilai Pancasila harus selalu hidup dalam perilaku baik individu, bermasyarakat  dan bernegara. Inilah yang terus dan selalu dihidupkan mengahdirkan ajaran Pancasila dalam semua gerak dan tindakan.
 
Kondisi kebangsaan saat ini yang masih mengalami perbedaan yang sangat jauh antara kaya miskin, kehidupan pelayan rakyat yang menduduki jabatan pemerintah mulai dari desa sampai pusat sangatlah tidak seimbang dengan kebanyakan kehidupan rakyat.  Partai politik yang semestinya mengawal Pancasila sebagai wadah delegasi wakil rakyat lebih banyak berfungsi sebagai pembela partai bukan mengawal Pancasila membela hajat kehidupan berbangsa dan rakyat banyak. Ini sudah  keluar dari hakekat makna demokrasi.
 
Lalu kemana rakyat mengharapkan tumpuan pembelaan akan hak hidup di negri kaya raya ini. Kekuasaan diamanahkan rakyat untuk dijalankan guna menghadirkan kesejahteraan rakyat. Tapi sampai saat ini apa yang menjadi cita cita seluruh rakyat masih hampa hanya slogan kosong. Karenanya wahai para pemegang amanat penderitaan rakyat, yang sedang berada dalam kekuasaan. Sadarlah mari mendengar nurani dan menjaga amanat para pendiri bangsa untuk kembali ke jalan yang lurus. Melaksanakan sumpah jabatan berpegang teguh pada ajaran Pancasila yang berkutuhanan, berperikemanusiaan, bersatu,  bermusywwarah mufakat, untuk membangun bangsa yang  berkeadilan sejahtera lahir batin.
 
Solusi singkat untuk negri ini menuju mercusuar dunia  all : 1) 
Menjalankan Pancasila secara murni dan konsekuen. 2), Semua pemimpin negara harus selalu dalam kebijakan untuk melaksanakan  Pancasila. 3), prodak undang undang yang tidak pro rakyat, ruet, rumit menghalangi harus dibersihkan. 4), Hukum harus tegak seadil adilnya. 5), Memimpin dengan keteladanan. 6),  Partai politik harus mencerminkan kedaulatan rakyat bukan kehendak ketua partai dan oligarki.
 
Selamat hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 dan selamat merayakan hari lahir Pancasila 1 Juni 2022. Kita semua warga bangsa berdoa agar bangsa kita senantiasa terjaga aman damai sentosa dan berhasil mewujudkan amanat Pancasila. Sebagai bangsa yang berperadaban adil makmur sentosa tetap menyinari jagat raya dengan cinta kasih. 
 
Jakarta, 31 Juni 22  
Samianto Milis M

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA